• Sabtu, 1 Oktober 2022

Cegah Inflasi Pangan, Banyuwangi Tandatangani MoU Kerjasama Perdagangan Antar Daerah

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani usai tandatangan kerjasama perdagangan antar daerah (lima dari kanan)/banyuwangikab
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani usai tandatangan kerjasama perdagangan antar daerah (lima dari kanan)/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Dipandang sebagai lumbung pangan  di Jawa Timur, Kabupaten Banyuwangi diundang kick off Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Malang pada Rabu (10/08/2022)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk peningkatan Kerjasama Perdagangan Antar Daerah.

Kerjasama Antar Daerah dalam perdagangan pangan ini, bisa dilakukan antar pemerintah daerah (government to government) ataupun antar pelaku usaha (bussines to bussines). Hal ini untuk mengurangi resiko inflasi komoditas pangan di suatu daerah dengan menyuplai komoditas yang sama dari daerah lainnya.

Baca Juga: Dukung Kebaya Goes to UNESCO, Untag Banyuwang Menggelar Gerakan Bangga Berkebaya

"Kami berharap dengan kerjasama ini dapat semakin meningkat produktivitas hasil panen dan memperluas pemasarannya. Sehingga bisa berdampak kepada petani dan kepada masyarakat secara luas," ungkap Ipuk.

Dalam kerjasama tersebut, Banyuwangi juga melibatkan Gapoktan Tani Makmur dari Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. Gapoktan tersebut bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Tugu, Kabupaten Malang dalam upaya peningkatan produksi kedelai dan jagung.

"Ini menambah kerjasama antar daerah lainnya yang telah dilakukan Banyuwangi sebelumnya. Terutama di sektor pangan dengan komoditas yang berbeda," imbuh Ipuk.

Inflasi Year on Year per Juli ini secara nasional di bidang pangan mencapai 10,4 persen. Hal ini memiliki dampak langsung ke masyarakat secara luas. Karena sektor pangan menjadi pengeluaran terbesar bagi mayoritas masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Penyelenggaraan Bangunan Gedung, DPU Cipta Karya,Perumahan dan Pemukiman Banyuwangi Sosialisasi PBG

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X