• Sabtu, 1 Oktober 2022

Dukung Kebaya Goes to UNESCO, Untag Banyuwang Menggelar Gerakan Bangga Berkebaya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Dukungan Kebaya Goes to UNESCO diwujudkan Untag Banyuwangi, melalui kemasan berbagai program menarik dengan mengusung tema "Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya" (Hariyadi)
Dukungan Kebaya Goes to UNESCO diwujudkan Untag Banyuwangi, melalui kemasan berbagai program menarik dengan mengusung tema "Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya" (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, turut mendorong agar kebaya terdaftar sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia menjadi warisan budaya dunia

Dukungan Kebaya Goes to UNESCO diwujudkan Untag Banyuwangi, melalui kemasan berbagai program menarik dengan mengusung tema "Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya".

Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya diluncurkan pada Selasa (9/8/2022). Ada beragam program kegiatan bernuansa kebaya yang akan dimeriahkan hingga Desember 2022.

Baca Juga: Tingkatkan Penyelenggaraan Bangunan Gedung, DPU Cipta Karya,Perumahan dan Pemukiman Banyuwangi Sosialisasi PBG

Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto dalam sambutannya mengatakan, gerakan bangga berkebaya terus digaungkan sebagai bentuk dukungan agar kebaya diakui UNESCO jadi warisan budaya Indonesia yang sudah ada sejak dulu.

Ia pun menilai melestarikan kebaya dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya, sebagai bentuk kecintaan, Untag Banyuwangi telah menetapkan setiap hari Selasa perempuan di civitas akademika akan menggunakan kebaya.

Sementara untuk yang pria, setiap hari Selasa menggunakan batik dan ber udeng. Karena udeng merupakan identitas khas Banyuwangi.

"Kebaya ini masih kita wajibkan untuk dosen dan karyawan, sedangkan bagi mahasiswa hanya sebatas himbauan. Ini merupakan upaya kami mendukung Kebaya Goes to UNESCO. Karena sudah saatnya dunia mengakui kebaya adalah warisan budaya Indonesia," ucap Andang.

Baca Juga: Usulan KPU RI Tambah Honor Badan Ad Hoc Pemilu Tahun 2024 Disetujui Pemerintah, Berikut Rinciannya

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X