• Sabtu, 1 Oktober 2022

Tingkatkan Penyelenggaraan Bangunan Gedung, DPU Cipta Karya,Perumahan dan Pemukiman Banyuwangi Sosialisasi PBG

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:13 WIB
DPU Cipta Karya PP Bnayuwangi menggelar sosialisasi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) (Hariyadi)
DPU Cipta Karya PP Bnayuwangi menggelar sosialisasi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung telah resmi dikeluarkan oleh Pemerintah pada tanggal 2 Februari 2021.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 merupakan tindak lanjut dari ketentuan Pasal 24 dan Pasal 185 huruf b Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dimana salah satunya dalam peraturan ini disebutkan bahwa Pemerintah menghapus status Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menggantikannya dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Dalam rangka percepatan penyebarluasan informasi tersebut, DPU Cipta Karya,Perumahan dan Pemukiman Banyuwangi menggelar Sosialisasi PP No.16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Baca Juga: Anggota Komisi XI DPR RI, Zulfikar Arse Sadikin Bersama OJK Sosialisasi Pinjaman Online Aman di Banyuwangi

Sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai bentuk peningkatan kapasitas masyarakat jasa konstruksi, Selasa (9/8/2022) bertempat di Hotel Luminor Banyuwangi.

Plt Kepala DPU CKPP Banyuwangi, Danang Hartanto melalui Kabid Kabid Penataan Ruang, Bayu Hadiyanto dalam sambutannya  menyampaikan, sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Disamping itu, sosialisasi ini adalah untuk penyebar luasan norma, standarisasi, dan prosedur kriteria bangunan gedung. Selanjutnya peningkatan kesadaran akan hak, kewajiban, dan peran dalam proses penyelenggaraan bangunan gedung. Kemudian peningkatan kapasitas aparat pemerintah daerah dan penyelenggaraan bangunan gedung.

"Jadi tujuan akhirnya seperti itu. Diharapkan pula aga seluruh lapisan masyarakat mengetahui dan memahami PBG dan SLF sebagai pengganti IMB," jelas Bayu.

Baca Juga: Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI, Pegadaian Berikan Pembebasan Bunga Pinjaman Sampai 45 Hari.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X