• Sabtu, 1 Oktober 2022

Menparekraf Sandiaga Uno Lakukan Penilaian ADWI 2022 di Tirta Agung Bondowoso

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:28 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke objek Wisata Tirta Agung Bondowoso. (Nur Alifa Bahsa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke objek Wisata Tirta Agung Bondowoso. (Nur Alifa Bahsa)

KABAR RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno melakukan penilaian di objek Wisata Tirta Agung, Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Minggu (7/8/2022).

Penilaian dilakukan untuk masuk 10 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Saat ini wisata Tirta Agung masuk dalam 50 besar desa wisata nasional.

Menteri Sandi sapaan akrabnya itu mengharapkan setelah dilakukan penilaian dan diresmikan, hendaknya pengembangannya tak berhenti di situ. Melainkan harus terus berkelanjutan dengan menggandeng Astra dan Bank Jatim.

Baca Juga: Keren! Gang Sempit Disulap Menjadi Pusat Oleh-Oleh khas Banyuwangi

Menurut Sandiaga Uno melalui ADWI ini pihaknya mendorong konsep wisata yang bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. "Ini tidak boleh berhenti di sini," paparnya saat dikonfirmasi awak media.

Lebih-lebih, hasil monitoring tahun lalu berkat program ADWI terjadi peningkatan kunjungan hingga 30 persen. Namun demikian, untuk menuju itu semua juga perlu meningkatkan akurasi produk-produk ekonomi kreatif.

Sehingga bisa mendorong para pengunjung tak menjadi Rohali (Rombongan yang hanya lihat-lihat). Melainkan didorong menjadi Rojali (Rombongan yang jadi beli) produk-produk ekonomi kreatif.

"Itu adalah konsep kita, kenapa UMKM ini dihadirkan mereka merasakan berjualan. Produknya ditingkatkan akurasinya. Dan mudah-mudahan bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja," tuturnya.

Baca Juga: Triwulan II Tahun 2022, Ekonomi Indonesia Tumbuh Tinggi

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X