• Kamis, 18 Agustus 2022

TPID Banyuwangi Bareng BI Siapkan Skenario Kendalikan Inflasi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:56 WIB
Bupati Ipuk Fiestiandani bersama Bank Indonesia tinjau salah satu komoditas pertanian pemicu inflasi daerah/banyuwangikab
Bupati Ipuk Fiestiandani bersama Bank Indonesia tinjau salah satu komoditas pertanian pemicu inflasi daerah/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Pengendalian inflasi di Kabupaten Banyuwangi terus menjadi kajian antara Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banyuwangi. Di antaranya dengan menggelar high level meeting bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang memimpin meeting tersebut menekankan untuk terus bersinergi dalam mengendalikan inflasi daerah.

"Untuk mengendalikan inflasi ini, tidak bisa hanya dilakukan satu dua pihak saja. Tapi, harus bersinergi ke semua pihak. Tidak hanya antar dinas, tapi juga antar lembaga vertikal hingga antar daerah," terang Ipuk dilansir Kabar Rakyat dari banyuwangikab.go.id, Sabtu (6/08/2022).

Baca Juga: Fenomena Bediding, Dinas Kesehatan Banyuwangi Himbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Sinergi tersebut menjadi ruh utama dalam empat skenario yang disiapkan oleh TPID Banyuwangi. Mulai dari pelaksanaan pasar murah hingga Kerjasama Antar Daerah (KAD).

"Komoditas yang berlebih di daerah kita, bisa kita lempar ke daerah lain. Begitu pula sebaliknya, komoditas yang kurang kita pasok dari daerah lain dengan menggelar pasar murah," papar Ipuk.

Selain itu, dua skenario bertajuk Quick Win dalam menangani inflasi adalah dengan penguatan sektor produksi. "Sektor pertanian dan perikanan harus terus digenjot. Jika ikan laut menjadi bagian inflasi, maka perikanan darat harus terus digenjot," imbuh Ipuk.

Lebih spesifik pada sektor pertanian, Ipuk menyiapkan skenario digital farming. Komoditas pertanian yang selalu andil dalam inflasi perlu dilakukan peningkatan pengelolaan. Salah satunya adalah inovasi digital farming.

Baca Juga: Timbulkan Bau Busuk, Warga Pesisir Bulusan Minta Pemkab Banyuwangi Percepat Evakuasi Bangkai Paus Sperma

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bondowoso Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:12 WIB

Ribuan Warga Padati Petik Laut Muncar Banyuwangi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:27 WIB
X