• Kamis, 18 Agustus 2022

Percepat Penanganan PMK, Banyuwangi Genjot Vaksinasi Tahap II dan Perluas Cakupan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:12 WIB
Pemkab Banyuwangi masifkan vaksinasi tahap II ternak sapi/banyuwangikab
Pemkab Banyuwangi masifkan vaksinasi tahap II ternak sapi/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Penanganan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) terus dilakukan Pemkab Banyuwangi, dengan memasifkan vaksinasi tahap II (revaksinasi) pada hewan ternak sapi. Saat ini, lebih dari 3.000 sapi telah mendapatkan vaksinasi tahap II.

Pemkab Banyuwangi menerima 15.800 dosis vaksin dari Pemprov Jatim. Sebanyak 5.800 dosis digunakan untuk pelaksanaan revaksinasi. Selebihnya digunakan untuk perluasan cakupan vaksinasi.

“Terima kasih kepada pemerintah dan Pemprov yang terus mendukung daerah untuk percepatan penanganan kasus PMK. Kami ucapkan terima kasih juga pada para petugas kesehatan hewan, para relawan, Babinsa, Bhabinkamtibmas yang bekerja keras menangani kasus PMK ini agar bisa ssgera tertangani," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Baca Juga: DPRD Kabupaten Banyuwangi Sahkan Dua Raperda, Berikut Penjelasannya

Sebelumnya, vaksinasi tahap I telah dilakukan pada 5.773 ternak dari total target sasaran sebanyak 5.800 ternak. Jumlah tersebut menyesuaikan dengan jatah vaksin yang diterima pemkab di tahap pertama.

Setelah interval empat minggu, pemkab kini memasifkan revaksinasi pada 5.800 dosis sesuai target sasaran awal. Revaksinasi dilaksanakan di 25 kecamatan sejak 29 Juli hingga dua minggu ke depan. Kegiatan ini melibatkan petugas veteriner hingga aparatur desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Sejak kasus PMK ada di Banyuwangi kami terus melakukan upaya dalam penanganan. Surveilans terus  dilakukan dan penanganan terhadap sapi sakit kita lakukan secara intensif. Selain pemberian vaksinasi kami juga berikan vitamin pada hewan ternak. Karantina juga kita lakukan sebagai upaya antisipasi penularan PMK," kata Ipuk dilansir Kabar Rakyat dari banyuwangikab,Kamis (4/08/2022)

Ditambahkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, drh Nanang Sugiharto, menjelaskan pemkab menerima 15. 800 dosis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.800 dosis untuk revaksinasi, sisanya yang 10.000 dosis untuk perluasan vaksinasi.

Baca Juga: Polisi Amankan Pelaku Dugaan Penganiayaan di RTH Glenmore

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bondowoso Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:12 WIB

Ribuan Warga Padati Petik Laut Muncar Banyuwangi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:27 WIB
X