• Sabtu, 1 Oktober 2022

Komisi I DPRD Banyuwangi Hearing Permasalahan Pengelolaan Lahan Gunung Ranti Bersama Apindo dan Perhutani

- Senin, 1 Agustus 2022 | 17:37 WIB
Komisi I DPRD Banyuwangi hearing permasalahan pengelolaan Lahan Gunung Ranti bersama Apindo dan Perhutani (Hariyadi)
Komisi I DPRD Banyuwangi hearing permasalahan pengelolaan Lahan Gunung Ranti bersama Apindo dan Perhutani (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Komisi I DPRD Banyuwangi menggelar rapat hearing bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan KPH Banyuwangi Barat terkait permasalahan pengelolaan lahan hutan khususnya di wilayah Gunung Ranti, Senin (1/08/2022).

Ketua Komisi I, Irianto menyampaikan, rapat hearing digelar dalam rangka tindak lanjut surat masuk dari Apindo terkait permasalahan pengelolaan Gunung Ranti dengan Perhutani KPH Banyuwangi Barat.

Sebelumnya pengelolaan Gunung Ranti dikelola perseorangan melalui Perjanjian Kerjasama (PKS), namun terhenti ditengah jalan dan selanjutnya di take over kepada salah satu anggota Apindo yang membidangi pertanian,perkebunan dan kehutanan.

Baca Juga: HUT Ke 77 Kemerdekaan RI, Kibarkan Bendera Merah Putih dengan Benar

“ Permintaan dari teman-teman Apindo, pengelolaannya langsung di takeover dari perseorangan ke Apindo, namun Perhutani kan punya aturan , “ ucap Irianto saat dikonfirmasi Media.

Namun dalam hearing, sudah ada titik temu, artinya tidak ada masalah lagi dalam pengelolaan lahan di Gunung Ranti dengan total luas lahan 170 hektar disisa waktu berakhirnya PKS pada 14 Juli 2023 nanti.

“ Perhutani tidak keberatan Apindo mengelola lahan di Gunung Ranti, karena Perhutani butuh mitra apalagi banyak masyarakat yang dilibatkan , “ ungkapnya

Sementara ditemui terpisah Sekretaris DPC Apindo Banyuwangi, Danu Budiono mengatakan, bahwa Perjanjian Kerjasama atau PKS oleh anggota Apindo dengan pihak perhutani, KPH Banyuwangi Barat, sudah berjalan 3 tahun terakhir.

Baca Juga: Belum Efektif Turunkan Perokok Anak, Peraturan Pemerintah tentang Tembakau Perlu Direvisi

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X