• Senin, 5 Desember 2022

Keboan Aliyan Banyuwangi, Tradisi Agraria saat Warga Berubah Menjadi “Kerbau”

- Senin, 1 Agustus 2022 | 07:08 WIB
Tradisi keboan Aliyan/banyuwangikab
Tradisi keboan Aliyan/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Ribuan orang menyemut di sepanjang jalan utama Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Minggu pagi (31/7/2022). Pagi itu mereka menggelar selamatan kampung sebelum memulai ritual adat Keboan Aliyan.

Tak selang lama seusai selamatan, sejumlah petani dan warga yang mengenakan atribut seperti halnya binatang kerbau mengalami kehilangan kesadaran.

Sejumlah warga dan petani yang mulai “kehilangan kesadaran” itu kemudian keliling kampung. Dalam kepercayaan setempat, mereka disebut kerasukan roh leluhur. Diiringi dengan musik gamelan dan replika kerbau mereka diarak bersama-sama warga. Menuju ke titik kumpul kantor desa yang berada di tengah kampung.

Baca Juga: Setelah Dua Tahun Pandemi, Petik Laut Lampon Banyuwangi Kembali Digelar Meriah

Mereka berjalan layaknya kerbau yang sedang membajak sawah. Mereka juga berkubang, bergumul di lumpur, dan bergulung-gulung di sepanjang jalan yang dilewati. Saat berjalan pun di pundak mereka terpasang peralatan membajak.

Para petani yang menjadi "kerbau" lalu berkeliling desa mengikuti empat penjuru mata angin. Saat berkeliling desa inilah, para "kerbau" itu melakukan ritual layaknya siklus bercocok tanam, mulai dari membajak sawah, mengairi, hingga menabur benih padi.

Ada dua kelompok warga yang arak-arakan keboan Aliyan. Dari sisi timur kantor desa berasal dari warga Dusun Krajan. Lalu disusul kemudian oleh rombongan dari Dusun Sukodono. Masing-masing menggelar atraksi di depan para tamu undangan di halaman kantor desa.

"Ini merupakan tradisi permohonan kami kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga desa kami selalu dihindarkan dari berbagai mala petaka dan diberikan keselamatan serta melimpahnya hasil panen," kata Kepala Desa Aliyan, Anton Sujarwo.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Melalui BPBD Mulai Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Raung

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X