• Minggu, 25 September 2022

Demi Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas, Polri Larang Odong-Odong Beroperasi di Jalan Raya

- Jumat, 29 Juli 2022 | 09:54 WIB
Polri larang odong-Odong beroperasi di Jalan Raya/Pikiran Rakyat.com
Polri larang odong-Odong beroperasi di Jalan Raya/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Demi keamanan dan keselamatan berlalu lintas bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya. Polri tegas melarang adanya pengoperasian Odong-Odong di jalan raya.

“Odong-odong dilarang dioperasikan di jalan,” kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan dalam keterangannya, Rabu lalu dilansir Kabar Rakyat dari korlantas.polri.go.id, Jum’at (29/07/2022)

Aan Suhanan menyatakan Odong-odong mobil pada umumnya merupakan modifikasi dari kendaraan umum yang melanggar peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Baca Juga: Semakin Dipermudah, Pengurusan Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Bisa Secara Online

Aan menyebut, penegakkan hukum di bidang lalu lintas yang dilakukannya meliputi semua bidang hukum lalu lintas, tidak terkecuali terhadap keberadaan Odong-odong mobil.

“Odong-odong dianggap sebagai kendaraan modifikasi yang tidak memenuhi kelayakan teknis dan dianggap melanggar Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” tegasnya.

Dalam penegakkan hukum atas keberadaan Odong-odong, Aan mengatakan ada beberapa metode yakni secara pencegahan dan penegakan hukum.

Aan menjelaskan, tindakan pencegahan yang dilakukan bersifat pembinaan. Pembinaan dilakukan kepada pemilik bengkel dan pemilik Odong-odong mobil. Surat himbauan ialah surat yang berisi ajakan yang persuasif diberikan kepada pemilik bengkel dan pemilik Odong-odong mobil.

Baca Juga: Modus Pinjam Uang Untuk Pengobatan Orang Tuanya, Perempuan Cantik di Bondowoso Gelapkan Uang Ratusan Juta

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: korlantas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KONI Beri Perlindungan Atlet

Selasa, 13 September 2022 | 08:45 WIB

Pemerintah Resmi Terapkan NIK sebagai NPWP

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:21 WIB
X