• Senin, 3 Oktober 2022

KPU Sambut Baik Aplikasi Pembentukan Daerah Pemilihan Bagi Edukasi Publik dan Edukasi Pemilih

- Jumat, 29 Juli 2022 | 09:28 WIB
Peluncuran aplikasi pembentukan daerah pemilihan yang diselenggarakan Perludem di Bidakara Hotel jakarta/kpu.go.id
Peluncuran aplikasi pembentukan daerah pemilihan yang diselenggarakan Perludem di Bidakara Hotel jakarta/kpu.go.id

KABAR RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut baik aplikasi Pembentukan daerah pemilihan atau Elektoral Redistricting App (ERA) yang diselenggarakan oleh perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) bekerjasama dengan The International IDEA.

Ketua KPU RI, Idham Holik menyampaikan penataan daerah pemilihan merupakan hal penting dalam system Pemilu, karena undang-undang juga memberikan kewenangan antributif kepada KPU untuk melakukan penataan dapil bagi pemilu anggota DPRD Kab/Kota.

Oleh karena itu aplikasi ini penting dan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk kepentingan teknis tetapi juga untuk kepentingan edukasi publik atau edukasi pemilih.

Baca Juga: Jamin Keamanan SIPOL Pemilu Tahun 2024, KPU Bekerjasama dengan Beberapa Instansi Negara

“Penataan dapil menjadi hal penting yang sering dibicarakan dalam sistem pemilu, karena sistem pemilu ini tidak sekadar bagaimana pemilih dapat menggunakan hak pilihnya di TPS, tetapi juga berkaitan dengan alokasi kursi dapil. Sekali lagi KPU RI menyambut baik dan mengapresiasi atas di luncurkannya aplikasi ini,” ucap Idham saat peluncuran aplikasi ERA di Bidakara Hotel Jakarta seperti dilansir Kabar Rakyat dari kpu.go.id, Jum’at (29/07/2022)

Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati dalam sambutannya mengatakan daerah pemilihan adalah arena representasi yang sangat esensial dalam demokrasi, dapil menghubungkan konstituen dengan wakilnya.

“Aplikasi ini bukan hanya membuat daerah pemilihan berdasarkan prinsip pemilu dan demokrasi tetapi ada feature knowlegde resource. Bisa dikatakan dari A sampai Z nya informasi soal daerah pemilihan, sehingga publik secara umum dapat mengetahui apa itu daerah pemilihan, apa esensinya dan bagaimana cara bekerjanya, " ucap Khoirunnisa.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Gelar Penyuluhan Pendidikan Politik dan Simulasi Pemilu 2024 bagi Kalangan Pemilih Pemula

Selain itu dalam aplikasi ERA terdapat sejumlah fitur utama, diantaranya fitur Parliamentary Seat yang berguna untuk memasukkan jumlah kursi parlemen dan besaran alokasi kursi di setiap daerah pemilihan yang akan dibentuk.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kpu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Banyuwangi Buka Pendaftaran Panwascam

Rabu, 21 September 2022 | 07:43 WIB
X