• Minggu, 25 September 2022

Semakin Dipermudah, Pengurusan Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Bisa Secara Online

- Jumat, 29 Juli 2022 | 08:49 WIB
Pengurusan tanda daftar Lembaga Pendidikan semakin dipermudah dan kini dapat dilakukan secara online/Pikiran Rakyat.com
Pengurusan tanda daftar Lembaga Pendidikan semakin dipermudah dan kini dapat dilakukan secara online/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Pengurusan tanda daftar Lembaga Pendidikan Alqur'an semakin dipermudah dan kini dapat dilakukan secara online.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag RI telah menyiapkan Aplikasi Sistem Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur’an (SIPDAR PQ) yang bisa diakses melalui  https://ditpdpontren.kemenag.go.id/sipdar/. 

Terobosan ini mulai disosialisasikan secara daring kepada para stakeholders di berbagai wilayah di Indonesia. Sosialisasi diikuti seluruh kasi dan jabatan fungsional tertentu yang terkait dengan pendidikan Al-Qur'an di Kenwil Kemenag Propinsi dan Kabupaten l/Kota, serta para operator/adminnya.

Baca Juga: LDII Dorong Diversifikasi Makanan Pokok untuk Perkuat Ketahanan Pangan

Direktur PD Pontren, Waryono Abdul Ghafur mengatakan bahwa aplikasi ini merupakan terobosan untuk mempermudah lembaga dalam mengakses dan mengupdate data kelembagaan pendidikan Al-Qur’an. Sehingga data yang dibutuhkan bisa diperoleh secara real time tanpa harus bergantung dengan operator.

“Kendala saat ini masih kesulitan untuk mengakses data realtime Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, ini sangat mempengaruhi pengambilan kebijakan. Dengan SIPDAR PQ diharapkan kendala itu dihilangkan. Dan baru sebulan berjalan, hal itu sudah terbukti. Alhamdulillah,” ujarnya di Jakarta, lalu seperti dilansir Kabar Rakyat dari kemenag.go.id, Jum’at (29/07/2022)

Mantan Wakil Rektor Dua UIN Sunan Kalijaga ini juga menambahkan bahwa sebagai lembaga non formal, Lembaga Pendidikan Al-Qur’an juga harus tetap mendapatkan rekognisi dan afirmasi dari pemerintah. Jangan sampai pejabat di daerah tidak bisa menjawab ketika ditanya berapa data lembaga di wilayahnya.

Kasubdit Pendidikan Al-Qur’an, Mahrus menyebutkan bahwa aplikasi ini hadir untuk menyesuaikan situasi zaman yang serba digital, dimulai dari proses pelayanan pendirian lembaga, serta updating data Lembaga Pendidikan Al-Qur’an. Aplikasi ini menampilkan fitur yang friendly dan mudah diakses dari ponsel. 

Baca Juga: Pertama kalinya Kiswah Kabah diganti saat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KONI Beri Perlindungan Atlet

Selasa, 13 September 2022 | 08:45 WIB

Pemerintah Resmi Terapkan NIK sebagai NPWP

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:21 WIB
X