DPR RI Minta Pemerintah Masifkan Sosialisasi dan Edukasi Penyakit Cacar Monyet kepada Masyarakat

- Selasa, 26 Juli 2022 | 08:10 WIB
Ketua DPR RI,Puan Maharani minta pemerintah masifkan sosialisasi dan edukasi soal penyakit cacar monyet kepada masyarakat/dpr.go.id
Ketua DPR RI,Puan Maharani minta pemerintah masifkan sosialisasi dan edukasi soal penyakit cacar monyet kepada masyarakat/dpr.go.id

KABAR RAKYAT - Pasca Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyakit cacar monyet atau Monkeypox sebagai darurat global atau Publik Emenrgency of International Concern (PHEIC).

Ketua DPR RI,Puan Maharani minta pemerintah untuk memasifkan sosialisasi dan edukasi mengenai penyakit cacar monyet kepada masyarakat meskipun penyakit tersebut belum ditemukan di Indonesia.

“Cacar Monyet sudah menyebar di puluhan negara berdasarkan laporan WHO. Belajar dari pengalaman kita menghadapi Covid-19, Indonesia harus siaga terhadap penyakit Cacar Monyet atau monkeypox,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya dilansir Kabar Rakyat dari dpr.go.id, Selasa (26/07/2022).

Baca Juga: Agustus HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Kementerian, Lembaga dan Pemda Wajib Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan

WHO menyebut sudah ada sekitar 16.000 kasus yang dikonfirmasi di 75 negara, meskipun sebagian besar kasus berasal dari Eropa dengan 5 kematian terjadi di Afrika. Puan mendorong Pemerintah untuk mengantisipasi masuknya penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox Virus (MPXV) tersebut.

“Masifkan sosialisasi mengenai penyakit ini, termasuk perbanyak edukasi kepada masyarakat tentang Cacar Monyet untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap monkeypox,” ucap legislator fraksi PDIP itu. 

Lebih lanjut, Puan meminta Pemerintah melakukan deteksi dini menyusul Cacar Monyet telah dideklarasikan sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Ia memuji langkah Pemerintah menyiapkan 2 laboratorium sebagai upaya deteksi dini monkeypox.

“Pastikan fasilitas kesehatan sudah siap menghadapi penyakit ini. Tenaga medis pun juga perlu diingatkan untuk peka terhadap potensi pasien Cacar Monyet yang menyerang warga,” imbau Puan.

Baca Juga: Tingkatkan Kualifikasi dan Kompetensi, Kemenag-LPDP Siapkan 10.000 Kuota Beasiswa Pendidikan Profesi Guru

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X