• Senin, 3 Oktober 2022

Bawaslu Jalin Kerjasama Pengawasan Partisipatif Dengan Organisasi Keagamaan di Banyuwangi

- Kamis, 21 Juli 2022 | 07:29 WIB
Plt Ketua Bawaslu Banyuwangi,Anang Lukman bersama Ketua PCNU,KH.Ali MakkiZaini perlihatkan dokumen kerjasama pengawasan partisipati Pemilu 2024 (Hariyadi)
Plt Ketua Bawaslu Banyuwangi,Anang Lukman bersama Ketua PCNU,KH.Ali MakkiZaini perlihatkan dokumen kerjasama pengawasan partisipati Pemilu 2024 (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi melakukan Kerjasama dengan organisasi keagamaan, salah satunya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dalam meningkatkan pengawasan partisipatif di tahapan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Bawaslu merangkul PCNU sebagai salah satu organisasi keagamaan yang memiliki basis cukup besar di Bumi Blambangan.Sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan khususnya pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan Umum serta dalam penguatan kegiatan pendidikan politik dan demokrasi bagi warga masyarakat.

Kerjasama antara Bawaslu dengan PCNU dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) di Kantor PCNU Banyuwangi, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: KPU Banyuwangi Gelar Penyuluhan Pendidikan Politik dan Simulasi Pemilu 2024 bagi Kalangan Pemilih Pemula

Plh Ketua Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Afandi mengatakan Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, karena itu membutuhkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

"Meski nantinya Bawaslu memiliki jajaran tingkat kabupaten hingga tingkat TPS, namun jumlah tersebut juga masih memiliki keterbatasan," ujarnya.

Guna memaksimalkan pengawasan pemilu mendatang, menurut Anang, harus ada peran serta masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif.

Dalam tahapan pemilu yang saat ini sudah dimulai, masyarakat bisa secara aktif melaporkan kepada pengawas Pemilu jika ditemukan adanya dugaan pelanggaran.

Baca Juga: KPU Jalankan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Sesuai UU

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Banyuwangi Buka Pendaftaran Panwascam

Rabu, 21 September 2022 | 07:43 WIB
X