• Minggu, 27 November 2022

Kementerian Kesehatan Tegaskan Tidak Ada Karangtina Bagi Jemaah Haji Setiba di Tanah Air

- Jumat, 15 Juli 2022 | 08:42 WIB
Tidak ada karangtina bagi jemaah haji Indonesia setiba di Tanah Air/Pikiran rakyat
Tidak ada karangtina bagi jemaah haji Indonesia setiba di Tanah Air/Pikiran rakyat

KABAR RAKYAT - Kementerian Kesehatan RI menegaskan bahwa tidak ada karangtina bagi Jemaah haji Indonesia. Fase pemulangan jemaah haji segera dimulai, enam kloter pertama akan terbang ke Tanah Air pada 15 Juli 2022, bertolak dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Namun setibanya di bandara kedatangan, akan dilakukan pengawasan kesehatan terhadap jemaah haji dan tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Pengawasan kesehatan di bandara dilakukan melalui pengecekan suhu dengan menggunakan thermal scanner dan thermal gun, serta pengecekan tanda dan gejala penyakit menular, potensi wabah, termasuk Covid-19.

Baca Juga: Seorang Jemaah Haji Asal Banyuwangi Meninggal Dunia di Makkah Arab Saudi.  

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Budi Sylvana menegaskan bahwa bagi jemaah yang dalam kondisi sehat dapat langsung kembali ke daerahnya masing-masing.

“Tidak ada karantina terpusat selama 21 hari kepada jemaah haji. Kami ulangi, tidak ada karantina kepada jemaah haji kita,” tegasnya di Jeddah, Kamis (14/7/2022).

Jemaah, kata Budi, akan diminta mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH). Tujuannya, untuk melakukan pengawasan kesehatan secara mandiri selama 21 hari ke depan.

“Jadi tidak ada karantina. Yang ada adalah pengawasan secara mandiri di daerah masing-masing. Jadi jemaah bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasa,” ujarnyanya. 

Baca Juga: Meninggal Dunia Saat Ibadah Haji, Almarhumah Siti Aminah, Jamaah Haji Asal Banyuwangi Dimakamkan di Mekkah

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X