• Minggu, 25 September 2022

Fase Puncak Penyelenggaraan Haji, 51 Jemaah Dibadalhajikan, 136 Orang Disafariwukufkan

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 09:53 WIB
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan keterangan pers di Arafah/kemenag.go.id
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan keterangan pers di Arafah/kemenag.go.id

KABAR RAKYAT - Pemerintah Indonesia bertanggungjawab untuk mensafariwukufkan seluruh jamaah yang sakit dan membadalhajikan seluruh jamaah yang wafat sebelum wukuf baik yang berada di embarkasi maupun yeng wafat di Arab Saudi.

Memasuki fase puncak penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M hari ini, wukuf di Arafah. Lebih kurang satu juta jemaah berkumpul di padang Arafah.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Ibadah haji tahun ini ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan 136 jemaah yang disafariwukufkan.

Baca Juga: Jelang Rangkaian Ibadah Haji Wajib Arafah Muzdalifa – Mina, Jemaah haji diminta Istirahat Agar Kondisi Prima

"Sesuai komitmen pemerintah, semua jemaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan dan tahun ini ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan ada 136 jemaah yang disafariwukufkan," jelas Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan persnya di Arafah, Jum’at (8/07/2022)

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji Alam Agoga Hasibuan merinci 51 jemaah yang dibadalhajikan terdiri atas 29 badal haji karena wafat, 22 jemaah dibadalhajikan karena sakit berat. Mereka yang sakit berat ini 10 dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 12 dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus, dan ada 1 jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi," paparnya.

Alam menjelaskan proses safariwukuf menggunakan 10 bus dan satu bus cadangan. Selain tim kesehatan, setiap bus ditugaskan seorang khatib dan dua pembimbing ibadah.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Keluarkan Edaran Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KONI Beri Perlindungan Atlet

Selasa, 13 September 2022 | 08:45 WIB

Pemerintah Resmi Terapkan NIK sebagai NPWP

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:21 WIB
X