• Kamis, 18 Agustus 2022

Terinspirasi Nasib Peternak Hadapi PMK, Kapolres Probolinggo Pecahkan Rekor MURI

- Kamis, 7 Juli 2022 | 00:48 WIB
Irwasda Polda Jatim Kombes.Pol.Mohamad Aris bersama Kapolres Probolinggo AKBP. Teuku Arsya Kadafi menerima rekor Muri,Rabu (6/7/2022)
Irwasda Polda Jatim Kombes.Pol.Mohamad Aris bersama Kapolres Probolinggo AKBP. Teuku Arsya Kadafi menerima rekor Muri,Rabu (6/7/2022)

KABAR RAKYAT – Membela peternak sapi sajikan 5.326 porsi nasi rawon dalam sebuah festival Polres Probolinggo Pecahkan rekor MURI, Rabu(6/7/2022).

Bak pemecah ombak, di tengah ketakutan peternak menghadapi pandemi penyakit mulut dan kuku (PMK), Kapolres Probolinggo mencoba meyakinkan publik bahwa makan daging sapi masih aman.

Keyakinan rasa aman makan daging di tengah Pandemi PMK mematik ide untuk kembali mengkonsumsi daging sapi. Untuk menghapus keraguan itu Kapolres Probolinggo AKBP.Teuku Arsya Kadafi menggelar festival nasi rawon menyajikan 5.326 porsi.

Hebatnya, rakyat kabupaten Probolinggo diundang makan gratis. Acara festival yang di gelar di Alun-alun Kraksaan diserbu masyarakat dan diapreasiasi oleh semua pihak. Tak terkecuali representatip rekor MURI pun hadir diwakili Sri Widayati.

Melibatkan UMKM kabupaten Probolinggo AKBP. Teuku Arsya berharap festival nasi rawon akan mendorong masyarakat mengkonsumsi daging sapi.

“ Konsep kami bagaimana agar masyarkat luas tidak takut mengkonsumsi daging, akibat pandemi PMK. Daging yang disajikan dalam festival rawon sudah steril layak konsumsi. Kedua, melalui festival ini diharapkan harga daging bisa kembali normal, dengan begitu peternak kembali optimis termasuk UMKM yang menggunakan daging sapi sebagai bahan olahan,” kata Kapolres Probolinggo AKBP.Teuku Arsya,Rabu(6/7/2022).

Benar saja, begitu festival nasi rawon ini digelar sejak pagi, ribuan orang bergantian antri mendapat nasi rawon yang diberikan secara gratis.
Acara festival ini sukses besar dan kali pertama di gelar di Kabupaten Probolinggo sepanjang sejarah. Inisiasi Polres Probolinggo ini menjawab kegelisahan peternak dan penjual daging yang harga daging sapi anjlok akibat PMK.

“Kami mencoba mencarikan solusi dan meningkatkan kepercayaan publik untuk kembali mengkonsumsi daging sapi. Kami paham betul kekuatiran itu, termasuk kegelisahan para pemilik ternak sapi. Harga daging turun drastis,sementara disini adalah penyumbang terbesar ke tiga ternak sapi di Jawa Timur. Menurutnya permintaan daging sapi tentu berdampak ekonomi yang signifikan. Ini perlu solusi yang cepat dalam upaya penanganan PMK secara menyeluruh,” urai Arsya.

Festival nasi rawon tidak hanya sekedar banyak jumlah porsi. Tetapi lebih kepada strategi penanganan masalah PMK yang berdampak sosial ekonomi bahkan Kamtibmas.

Halaman:

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Terapkan NIK sebagai NPWP

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:21 WIB
X