• Kamis, 18 Agustus 2022

Kunjungi Banyuwangi, Wamen Parekraf Apresiasi Homestay Naik Kelas

- Rabu, 6 Juli 2022 | 19:14 WIB
Wamen Parekraf saat kunjungan kerja ke Banyuwangi/banyuwangikab
Wamen Parekraf saat kunjungan kerja ke Banyuwangi/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi, Rabu (6/7/2022).

Ia meninjau langsung sejumlah homestay yang dalam beberapa tahun terakhir tumbun pesat seiring pengembangan pariwisata di ujung timur Jawa itu.

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi M. Yanuar Bramuda, Angela mengunjungi Didu's Homestay dan Kedaton Wetan.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Berikan Bantuan Premi Asuransi Gratis Kepada 5.000 Nelayan

Tak hanya melihat fasilitas dan tata kelola yang ada. Ia juga berbincang cukup intens dengan para pengelolanya. Menggali beragam tips dan tantangan dalam pengembangan wisata dan amenitasnya.

"Selama diskusi dengan para pengelola homestay, Mbak Wamen memberikan apresiasi terhadap konsep pengembangan homestay di Banyuwangi sehingga bisa naik kelas," ujar Bramuda menyampaikan hasil diskusinya.

Konsep homestay yang dikembangkan di Banyuwangi dipadukan dengan keberadaan hotel. Selama 11 tahun terakhir, Pemkab Banyuwangi tidak mengizinkan berdirinya hotel kecuali bintang empat ke atas dan jauh dari tempat wisata prioritas.

"Dengan aturan ini, homestay yang dikelola oleh masyarakat bisa jalan. Mereka tidak dibiarkan bertarung bebas dengan investor besar. Mereka tetap menyasar pangsa pasar menengah ke bawah dan mendapat ruang di lokasi premium di dekat tempat wisata," imbuh Bramuda.

Baca Juga: Bukan Cuma Cabai, Harga Komoditas Pangan Lainnya di Banyuwangi Juga Melonjak Jelang Idul Adha

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bondowoso Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:12 WIB

Ribuan Warga Padati Petik Laut Muncar Banyuwangi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:27 WIB
X