• Kamis, 18 Agustus 2022

Bantu Pembudidaya Ikan, KKP Luncurkan Layanan Konsultasi Online Sicatfish

- Rabu, 6 Juli 2022 | 18:43 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan luncurkan Sicatfish/kominfo
Kementerian Kelautan dan Perikanan luncurkan Sicatfish/kominfo

KABAR RAKYAT - Untuk membantu pembudidaya ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan layanan system konsultasi budidaya ikan secara online. Melalui system ini,pembudidaya ikan bisa memesan induk dan benih, praktek magang dan lainnya.

SiCatfish, yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Via Chating, Efisien dan Humanis, merupakan inovasi DJPB yang dikembangkan di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Jambi.

SiCatfish resmi meluncur dan sudah dapat diakses oleh masyarakat sejak 28 Juni 2022. Untuk memberikan pelayanan yang cepat dan responsif, SiCatfish juga langsung terhubung dengan sistem whatsapp gateway yang bisa melayani 24 jam.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Sedikit Naik, Pemerintah Kembali Menerapkan PPKM mulai 5 Juli Hingga 1 Agutus 2022 Mendatang

Keunggulan yang lainnya, SiCatfish menggunakan fitur auto reply untuk pelayanan interaktif, sehingga dapat membalas pesan secara otomatis sesuai kebutuhan pengguna layanan. Seperti pelayanan informasi laboratorium, pesan induk dan benih, praktek dan magang, daftar layanan konsultasi, info harga induk dan benih serta layanan pengaduan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, KKP, Tb Haeru Rahayu, meminta agar SiCatfish bisa segera dimanfaatkan masyarakat. Bukan tanpa alasan, peluncuran inovasi SiCatfish juga sebagai wujud fokus terhadap pembangunan zona integritas di wilayah kerja KKP, dan DJPB khususnya.

Menjalankan birokrasi yang transparan, bebas korupsi, dan melayani dengan baik bisa menjadi kunci sukses keberhasilan program KKP kedepannya.

Dengan adanya inovasi SiCatfish para stakeholder, pelaku budidaya, penyuluh dan semua yang terlibat dalam usaha di bidang perikanan budidaya bisa dengan mudah mengakses layanan melalui ponsel pribadi.

Baca Juga: Jelang Rangkaian Ibadah Haji Wajib Arafah Muzdalifa – Mina, Jemaah haji diminta Istirahat Agar Kondisi Prima

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Terapkan NIK sebagai NPWP

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:21 WIB
X