• Kamis, 18 Agustus 2022

Daun Kelor atau Moringa Oleifera Bermanfaat bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:51 WIB
Daun Kelor bermanfaat bagi kesehatan/Pikiran Rakyat.com
Daun Kelor bermanfaat bagi kesehatan/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Daun kelor atau dengan nama latin Moringa Oleifera ternyata memiliki banyak khasiat untuk Kesehatan.

Tanaman yang berasal dari India dan tumbuh di negara tropis dan subtropis lainnya, seperti Indonesia. Sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu, daun kelor telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit.

Daun kelor dipenuhi oleh antioksidan, yakni zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Antioksidan yang dimiliki daun kelor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Riset telah membuktikan bahwa antioksidan ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak di darah maupun tubuh.

Dilansir Kabar Rakyat dari kemkes.go.id beberapa khasiat daun kelor :

1.Mengontrol Tekanan Darah
Daun kelor ini memiliki banyak kandungan kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

2.Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin. Manfaat ini tentu baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

3.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui bisa melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis Herpes Simplex Virus (HSV).

4.Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan pankreas. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

5.Baik untuk Jantung
Ekstrak daun kelor disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X