• Kamis, 1 Desember 2022

Dispendukcapil Banyuwangi Berencana Ujicoba KTP Digital Sebagai Penganti e-KTP

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi KTP Digital/Hariyadi
Ilustrasi KTP Digital/Hariyadi

KABAR RAKYAT - Pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) berencana melakukan uji coba pergantian kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau  e-KTP dengan KTP Digital.

Hal itu selaras dengan program Kementerian Dalam Negri yang  tengah meguji ID Digital di seluruh kabupaten /kota di indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Banyuwangi, Juang Pribadi mengatakan, pihaknya mulai gencar melakukan sosialiasasi kepada warga, khususnya kalangan ASN.

Baca Juga: Oknum Pengasuh Ponpes di Singojuruh Diduga Lakukan Tindak Asusila kepada Santrinya.

“ id digital ini akan dilakukan uji coba tahun ini secara bertahap dengan menyasar kalangan ASN telebih dahulu, selanjutnya menyasar masyarakat umum, “ ucap Juang Pribadi saat dikonfirmasi, kamis (23/06/2022)

Juang Pribadi menjelaskan, beberapa kelebihan id digital dibanding ektp fisik yakni, KTP Digital bentuknya aplikasi yang memuat identitas seseorang yang tertera dalam ktp fisik, meliputi NIK, nama lengkap dan lainnya. id digital secara pengoperasian mirip dengan aplikasi peduli lindungi, sehingga warga yang ingin mendaftar harus mengunduh aplikasi tersebut.

menurutnya tak hanya data e-KTP , namun dalam id digital tersebut juga memuat kartu keluarga (KK), NPWP, Akta Kelahiran anak dan  data penting lainnya.

“ Dengan adanya sistem tersebut kedepan warga tak perlu lagi membawa e-KTP fisik, sebab data diri sudah tersimpan dalam HP. Jika digunakan untuk keperluan administrasi cukup melakukan scan barcode, sehingga tak perlu lagi foto copy dan lainnya, “ jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Siapkan Ganti Rugi Rp. 10 Juta Per Ekor Bagi Peternak Yang Hewannya Dimusnahkan Akibat PMK

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X