• Senin, 4 Juli 2022

Kapolres Probolinggo Gelar Bhaksos Bantu Peternak Sapi Hadapi PMK, 2400 Sapi Dilaporkan Terjangkiti Virus

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:50 WIB
Kapolres Probolinggo serahkan bantuan kepada Peternak sapi yang terdampak PMK di Kecamatan Krucil,Rabu (22/6/2022).
Kapolres Probolinggo serahkan bantuan kepada Peternak sapi yang terdampak PMK di Kecamatan Krucil,Rabu (22/6/2022).

 

KABAR RAKYAT- Kasus kematian ternak sapi di Kabupaten Probolinggo terbilang mengkuatirkan. Dalam sebulan tercatat 55 ekor sapi milik pertenak di Kecamatan Krucil,kabupaten Probolinggo mati terjangkit virus penyakit mulut dan kuku(PMK) sebulan terakhir.Terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK), Polres Probolinggo menggelar aksi  Bhakti Sosial ke peternak sapi perah yang terdampak PMK, Rabu (22/6/2022).Kondisi ini kontras dengan dinas terkait di Pemkab Probolinggo yang dirasakan lamban bereaksi dalam penangana kasus PMK.

Bhakti sosial itu diawali dengan sosialisasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku, dilanjutkan pemberian bantuan sembako dan juga pakan konsentrat kepada para peternak. Digelar di dua tempat yakni Pendopo Kantor Kecamatan Dringu dan Gedung Aula KUD Argopuro, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo (22/6/2009).

Bahti sosial atas inisiasi Probolinggo">Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dinilai oleh peternak sapi di Kecamatan Krucil sangat membantu kesulitan yang dihadapi. Peternak mengaku terenyuh atas inisiasi dan empati Probolinggo">Kapolres Probolinggo yang sejak awal kasus PMK pro aktif justu terdepan. Fakta ini berbeda dengan dinas terkait yang semestinya lebih proaktif dalam upaya penanggulangan PMK.

Saat mengelar Bahti sosial tersebut  Probolinggo">Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengucapkan turut prihatin atas yang dialami para peternak akibat wabah PMK yang melanda hewan ternaknya. Probolinggo">Kapolres Probolinggo menyampaikan beberapa edukasi dan berupaya mencarikan solusi terkait langkah penanganan penyakit mulut dan kuku yang telah menjangkiti 1400 ternak sapi. Jumlah ini hanya di 1 kecamatan Krucil dan sebagian Kecamatan Tiris. Jumlah ternak terjakit PMK diperkirakan ribuan di kabupaten Probolinggo namun hingga kini belum ada rilis data resmi dari Dinas Peternakan. 

"Hewan yang terpapar PMK, kandang dan lukanya harus selalu dibersihkan. Pada hewan ternak yang tidak mau makan, para peternak harus merawat secara intensif agar daya tubuh hewan tetap terjaga. Kami prihatin atas pandemi PMK yang dialami peternak sapi. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna mendorong penanggulangan PMK," kata Probolinggo">Kapolres Probolinggo dihadapan peternak sapi di pendopo Kecamatan Krucil, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut, Probolinggo">Kapolres Probolinggo juga menambahkan upaya mencegah penyebaran PMK, Polres Probolinggo bersama Kodim 0820 Probolinggo melakukan penyekatan dibeberapa titik masuknya hewan ternak dari luar Probolinggo.Upaya penyekatan sapi luar daerah  akan ditingkatkan manakala angka kasus PMK masih belum terkendali.

Merespon kesulitan pertenak sapi perah ditengah kondisi sulit dampak Pandemi Covid 19 Polres Probolinggo memberikan bantuan berupa sembako beras sebanyak 1.200kilogram dan menyalurkan bantuan dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim sebanyak 8.000 kilogram pakan konsentrat.

"Kabupaten Probolinggo ini merupakan penghasil hewan ternak terbesar nomer 3 se-Jawa Timur. Bantuan ini memang belum maksimal tapi harapannya bisa membantu para peternak dan bisa menjadi katalisator dalam proses penanganan PMK," ucap Probolinggo">Kapolres Probolinggo.

Halaman:

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X