• Kamis, 7 Juli 2022

Jelang Pemilu 2024 Dewan Pers Akan Gelar Pelatihan Bersama Organisasi Pers Agar Tampilkan Pemberitaan Sehat

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:33 WIB
Dewan Pers
Dewan Pers

KABAR RAKYAT - Menjelang Pemilu Tahun 2024, Dewan Pers bekerjasama dengan konstituen dan organinasi pers akan menggelar pelatihan dan diskusi informasi pemilu baik Pilkada maupun Pilpres agar  bisa menampilkan pemberitaan yang sehat

Dewan Pers akan melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

“Menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Dewan Pers bekerja sama dengan semua konstituen akan melakukan pelatihan dan diskusi informasi pemilu, baik pilkada maupun pilpres, “ kata anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro, dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kendari, Kamis (16/6) dilansir dari dewanpers.or.id

Baca Juga: Tunjangan Insentif Guru Madrasah Non - PNS Segera Dicairkan, Berikut Penjelasan Menteri Agama Yaqut Cholil Q

Sapto mengatakan, Dalam kepengurusan periode saat ini, Dewan Pers memiliki orientasi dan program khusus. Salah satunya adalah pemeliharaan dan penguatan kohesi sosial nasional di tengah dinamika tahun-tahun politik 2022-2025 dengan pemilu 14 Februari 2024 dan pilkada 27 November 2024.

Sapto mengutarakan, dalam pelaksanaan pemilu yang merupakan pesta demokrasi nasional akan senantiasa menghasilkan pilihan atas ekspresi setiap individu yang telah memiliki hak pilih. Terkadang, pilihan politik dalam kontestasi yang sebenarnya wajar dalam upaya menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk masa depan bangsa itu sering terjadi gesekan.

“Bahkan kenyataannya saat ini menghasilkan polarisasi dalam masyarakat. Untuk itu, peran media sangat penting dalam menjaga pola hubungan antar anak bangsa. Salah satu yang bisa membantu terciptanya kehidupan demokrasi yang baik dalam menjaga dinamika politik di masyarakat adalah media massa,” ujarnya.

Meski begitu, ia belum menjelaskan kapan kira-kira pelaksanaan pelatihan dan diskusi media untuk menyongsong pemilu 2024 tersebut. Dewan Pers masih akan merumuskan rencana tersebut agar nanti berjalan matang dan lancar.

Baca Juga: Pegiat Swadaya Ungkap Potret Buram Pendidikan Dasar Banyuwangi: Setahun Plt Kepala SDN Belasan Kosong

Terkait dengan sengketa pemberitaan, Sapto menuturkan bahwa dalam dinamika politik yang memanas, banyak aduan yang disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian, dan lembaga-lembaga lain.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: dewanpers.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X