• Kamis, 18 Agustus 2022

Pegiat Swadaya Ungkap Potret Buram Pendidikan Dasar Banyuwangi: Setahun Plt Kepala SDN Belasan Kosong

- Kamis, 16 Juni 2022 | 20:43 WIB
Risky Kurniawan Humas Suara Bangsa Banyuwangi (Ist/KabarRakyat)
Risky Kurniawan Humas Suara Bangsa Banyuwangi (Ist/KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Aktivis swada LSM Suara Bangsa beber potret buram lembaga pendidikan dasar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Rizky Kurniawan Humas Suara Bangsa merilis, polemik jabatan kosong kepala sekolah di sebelas SDN, dan ratusan jabatan pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah yang belum definitif.

Hal itu, dinilai Rizky, berpotensi menghambat kemajuan pendidikan dan terkesan di Kabupaten Banyuwangi kekurangan sumber daya manusia (SDM) pendidikan.

Baca Juga: Cocok untuk Anak Muda,Yamaha Luncurkan YZF-R125 Sport Pack

"Kami menemukan ada 11 SDN kekosongan jabatan kepala sekolah, dan sebanyak 428 jabatan Plt Kepala Sekolah belum definitif dari total 700 lebih SDN yang ada di Banyuwangi," ungkap Rizky.

"Pertanyaan saya, siapa yang tandatangan bantuan pendidikan BOS (biar operasional sekolah) SDN? Ijazah lulusan siapa yang bertanda tangan?," ungkapnya.

Banyak kemungkinan buruk yang merugikan stakeholder pendidikan dasar bila kondisi kekosongan dan Plt jabatan terus dibiarkan sejak setahun lalu (2021).

Diberitakan, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara mendesak pemerintah daerah segera melantik pejabat definitif dan kekosongan jabatan kepala SDN.

Baca Juga: Pencurian Kayu di Lahan Perhutani Banyuwangi Selatan Dilaporkan Polisi

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X