• Minggu, 27 November 2022

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, PT Amerta Tani Maju Ajak Petani Banyuwangi Kembangkan Padi Japonika

- Rabu, 15 Juni 2022 | 18:52 WIB
Jajaran PT Amerta Tani Maju usai kegiatan ngopi bareng bersama media di Banyuwangi (Hariyadi)
Jajaran PT Amerta Tani Maju usai kegiatan ngopi bareng bersama media di Banyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Turut serta membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani. PT Amerta Tani Maju (PT.ATM) mengajak kelompok tani maupun petani di Kabupaten Banyuwangi untuk bermitra mengembangkan varietas padi Koshihikari atau japonika.

Dalam kegiatan ngopi bersama awak media Direktur Utama PT Amerta Tani Maju, Thiono menyampaikan, sebagai kabupaten sentral pertanian di jawa Timur tentu Banyuwangi cukup diuntungkan dalam sector geografi dan topografi.

“ Banyuwangi ini merupakan kontributor beras terbesar di Jawa Timur, Berkaca dari hal tersebut, PT ATM berkeinginan mengembangkan potensi padi koshihikari atau japonica inii di Kabupaten Banyuwangi melalui pola kemitraan bersama petani , “ ucap Thiono, Rabu (15/06/2022).

Baca Juga: Ketua DPRD Banyuwangi Sorot Ratusan Jabatan Plt Kepala SD/SMP: Waktunya Definitif

Thiono menjelaskan, PT. ATM ini berdiri pada tahun 2021 dengan mengawali tanam dilahan seluas 700 m2 di daerah Desa Bogem Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur. Dan saat ini sudah menanam dilahan seluas 30 Ha yang tersebar di beberapa Kabupaten di Jawa Timur diantaranya Kab. Bojonegoro, Kab. Tuban, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, Kab. Lamongan, Kab. Kediri, Kab. Tuban, Kab. Jember.

“ Mohon dukungan dari semua pihak,agar pengembangan padi japonica atau koshihikari di Banyuwangi dapat terlaksana dengan baik dan lancar, kita siap berkomunikasi dan berkalaborasi dengam Pemkab,Kepala Desa, Kelompok Tani maupun petani , “ ucapnya.

PT.ATM sendiri kedepan mempunyai target penanaman seluas 600 Ha hingga 900 Ha se Jawa Timur.

Selanjutnya Direktur Teknik PT ATM,Djoko Ardhityawan memaparkan, Padi jenis Japonica memang memiliki beberapa kelebihan. Rasa nasinya sangat pulen, lebih enak serta kandungan glikemik lebih rendah dari beras jenis Indica. Sehingga beras Japonica baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: Gelar Festival Oling River Food, Banyuwangi Terus Kampanyekan Jaga Keberlanjutan Sungai

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X