• Kamis, 18 Agustus 2022

Gedung Baru DPMD Jatim, Simbol Penyemangat Bangun SDM Pedesaan: Lebih Mandiri Sejahtera

- Senin, 13 Juni 2022 | 07:17 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara peresmian gedung Kantor DPMD Provinsi Jatim di Surabaya (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara peresmian gedung Kantor DPMD Provinsi Jatim di Surabaya (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Gedung baru Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur berada di Jalan Ahmad Yani No 152 C Surabaya kembali melayani pembangunan pedesaan lebih sejahtera.

Maka itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta berfungsinya gedung DPMD Jatim dapat melayani pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis desa di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengungkapan, di antara 7.724 desa di Jatim. Pada Tahun 2021 ada 697 pedesaan masuk kategori Desa Mandiri. Tahun 2022 naik 100 persen.

Baca Juga: 15 Harga Bibit Tanaman dari Rp25 Ribu hingga Rp55 Ribu, Cocok Jadi Referensi Berkebun

Sebelum memasuki kategori Desa Mandiri, terdapat beberapa jenjang yang dilalui. Dari kategori Desa Tertinggal, menjadi Desa Berkembang, lalu Desa Maju, dan yang tertinggi ialah Desa Mandiri.

"Ini kita menunggu rilis dari Kemendes terkait jumlah ini. Tapi poin pentingnya adalah makin mandiri suatu desa, makin kuat pergerakan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Sebagai informasi, Keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Nomor 398.4.1 tahun 2021, Jawa Timur memiliki jumlah Desa Mandiri tertinggi secara nasional.

Yakni berjumlah 697 desa, dilanjutkan Jawa Barat sebanyak 586 desa, Jawa Tengah sebanyak 199 desa, DI Yogyakarta sebanyak 109 desa, dan Banten sebanyak 5 desa.

Yang tak kalah membanggakan, sejak tahun 2021 Indeks Desa Membangun (IDM) di Jawa Timur telah ditetapkan bebas dari Desa Tertinggal.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X