• Selasa, 6 Desember 2022

Rumah Sakit di Jawa Timur, Didorong Aplikasikan Layanan Berbasis Digital: Mudah Diakses

- Kamis, 9 Juni 2022 | 06:58 WIB
Peralatan kesehatan serba digital dikenalkan pada Gubernur Khofifah.  (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)
Peralatan kesehatan serba digital dikenalkan pada Gubernur Khofifah. (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Rumah sakit dihimbau Gubernur Jawa Timur untuk segera manfaatkan aplikasi layanan berbasis digital sektor kesehatan yang mudah diakses oleh masyarakat.

Layanan digitalisasi sektor kesehatan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yakni transformasi layanan primer adalah dengan mendigitalisasi medical records.

Ungkapan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, disampaikan peserta Seminar Perumahsakitan Ke-16 Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Wilayah Jatim dan Hospital Expo XVI di Grand City Convex Surabaya, Rabu (8/6).

"Saya mengingatkan, semua proses kebijakan daerah harus terkoneksi dengan nasional. Nah dari Kemenkes sudah ada 6 pilar transformasi kesehatan yang bisa kita breakdown karena digitalisasi memang sudah harus diadaptasi oleh kita semua," ujar Gubernur Khofifah.

Baca Juga: UPDATE Gempa Bumi Magnitudo 5,8 SR Guncang Mamuju Sulawesi Barat

Terkait medical records tersebut, lanjut Khofifah, sangat penting bagi semua pasien saat berobat. Jika rekam medis sudah terdigitalisasi, maka kemudahan akan dirasakan oleh pasien dalam menjalani perawatan kapanpun dan dimanapun.

Pilar selanjutnya adalah transformasi layanan rujukan dan sistem ketahanan kesehatan. Setelahnya, barulah transformasi pada SDM di lingkungan kesehatan.

Fondasi ini, kata Khofifah, dapat dilakukan dengan mempromosikan edukasi kesehatan melalui platform digital. Di samping itu, diperlukan juga penguatan pada kampanye dan gerakan medis.

Selanjutnya, untuk pilar transformasi pada sistem pembiayaan kesehatan dan teknologi kesehatan disebut Khofifah berkaitan erat dengan pilar sebelumnya. Jika medical records sudah komprehensif, akan lebih memudahkan medical finance termasuk dalam hal reimbursement BPJS.

Produk Lokal untuk Alkes

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X