• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kunjungan Kerja ke Banyuwangi, Sandiaga Uno Dukung Geopark Ijen Lolos UNESCO Global Geopark

- Selasa, 7 Juni 2022 | 07:48 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Sandiaga S Uno bersama Bupati Banyuwangi saat berkunjung ke Alas Purwo/banyuwangikab.go.id
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Sandiaga S Uno bersama Bupati Banyuwangi saat berkunjung ke Alas Purwo/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung Geopark Ijen bisa masuk dalam UNESCO Global Geopark (UGG).

Menurut dia, legitimasi tersebut bisa berdampak besar terhadap keberlanjutan pelestarian potensi yang ada di kawasan Geopark Ijen.

"Kami berharap dengan masuknya Ijen dalam jaringan UNESCO Global Geopark ini, akan bisa meningkatkan daya tarik wisata," ungkap Menparekraf saat assessment meeting di Kantor Bupati Banyuwangi, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Pemerintah di Jawa Timur Validasi Perda yang Baru Fasilitasi Pengembangan Pesantren: Masyarakat Harus Tahu

Untuk menyukseskan hal tersebut, saran Sandi, tergantung pada beberapa hal yang menjadi penilaian. 50 persen penilaian tersebut tergantung pada geologi dan lansekap.

"Kalau ini, kita beruntung. Kita dianugerahi oleh Tuhan dengan alam yang indah dan luar biasa," terangnya.

Sedangkan separuh penilaian lainnya bergantung kepada sumber daya manusianya. Di antaranya struktur pengelola, manajemen dan komitmen pemerintah setempat yang mencapai 25 persen.

Kemudian disusul oleh pendidikan dan interpretasi lingkungan yang mencapai 15 persen. Serta, pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi warga yang berkisar sepuluh persen.

Baca Juga: Berharap Pelaksanaan PPDB 2022 Lebih Baik, Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Rakor Bersama Dinas Pendidikan

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X