• Kamis, 18 Agustus 2022

Jelang Idul Adha, Wagub Emil Ajak Alumni Pertanian Luruskan Miskonsepsi PMK

- Minggu, 29 Mei 2022 | 06:16 WIB
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak hadir Halal Bihalal Himpunan Alumni IPB DPD Jatim (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak hadir Halal Bihalal Himpunan Alumni IPB DPD Jatim (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Mendekati Hari Idul Adha 1443 Hijriyah Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak mengajak inisan-insan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) di Jawa Timur untuk meluruskan miskonsepsi masyarakat terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Mari kita bersama meluruskan miskonsepsi masyarakat bahwa hewan yang kita makan adalah hewan yang mungkin terkontaminasi PMK," ajak Wagub Emil menghadiri Halal Bihalal 1443 H digelar alumni IPD Jatim, baru ini.

Ia mengajak alumni IPB untuk membantu meyakinkan masyarakat, bahwa daging yang dikonsumsi aman dari PMK. Dan bahwa penyakit yang menjangkit ternak ini tidak menular dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Jajal Ombak G Land Banyuwangi, Surfer Dunia asal Brazil: Ini Hari Selancar Terbaik di Hidup Saya

Wagub Emil juga menekankan, ternak yang sakit pantang untuk dipotong dan yang mati karena sakit pantang dijual dagingnya.

"Sudah disampaikan oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), bahwa penyakit mulut dan kuku ini tidak menular pada manusia," katanya

“Jika ada ternak mati mendadak disarankan untuk langsung dikubur. Jangan sampai ada rasa eman, karena sakit malah cepat-cepat dipotong dan dijual. Itu seram,” celetuknya.

Tak berhenti di situ, Emil mengatakan bahwa Pemprov Jatim juga memberlakukan pula isolasi dan lockdown bagi kandang ternak terjangkit. Pasar hewan pada kabupaten terdampak pun kemungkinan akan ditutup sementara. Ditambah, lalu lintas ternak dari dan menuju daerah terjangkit juga dibatasi.

"Seperti apa level dari penyakit kalau dia tingkat Desa maka isolasi tingkat Desa, kalau dia tingkat Kecamatan ya tingkat Kecamatan, ini isolasi dan lockdownya berbasis kandang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X