• Jumat, 19 Agustus 2022

Cegah Heat Stroke saat Ibadah Haji, Perbanyak Minum Jangan Tunggu Haus

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:10 WIB
Panasnya terik matahari berpotensi timbulkan Heatstroke bagi jemaah haji/Portal jember
Panasnya terik matahari berpotensi timbulkan Heatstroke bagi jemaah haji/Portal jember

KABAR RAKYAT - Petugas Kesehatan Haji diminta untuk dapat mengedukasi baik diri sendiri maupun jemaah haji untuk menjaga diri agar selalu terhidrasi dengan baik. Terutama pada saat menjalankan Ibadah Haji di Arab Saudi mendatang

Perbedaan suhu yang ekstrim ditambah kelembaban yang rendah di Arab Saudi, menimbulkan potensi dehidrasi bagi jemaah haji.

Dan kondisi ini dapat mengarah pada situasi yang lebih parah yakni heat exhausted bahkan heat stroke.

Baca Juga: Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan IV

Heatstroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara dramatis dalam waktu cepat dan tidak dapat mendinginkan tubuh kembali. Sehingga asupan mineral yang cukup menjadi kunci penting menjaga jemaah haji tetap terhidrasi dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Promosi Kesehatan PPIH Bidang Kesehatan dr. Edi Supriyatna saat rapat koordinasi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Bidang Kesehatan pada Kamis (26/5) lalu

''Kunci Dehidrasi adalah mineral loss, jadi harus minum air yang dicampur elektrolit, jangan tunggu haus,'' ujar dr. Edi seperti dikutip Kabar Rakyat dari laman kemkes.go.id,Sabtu (28/05/2022).

Fungsi elektrolit di sini bukan sebagai obat diare, melainkan sebagai pengganti mineral yang hilang selama menjalankan aktivitas di tengah cuaca yang sangat terik dan minim kelembaban.

 Baca Juga: Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia Berduka, Buya Syafii Maarif Berpulang

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X