• Senin, 4 Juli 2022

Banyak Menuai Kritik Pengguna, Gapasdap Sarankan Penjualan Tiket Kapal Penyeberangan Terapkan e-Money

- Selasa, 24 Mei 2022 | 12:18 WIB
Pengguna jasa kapal penyeberangan Ketapang  - Gilimanuk (Hariyadi)
Pengguna jasa kapal penyeberangan Ketapang - Gilimanuk (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Kebijakan penggunaan aplikasi Ferizy atau e-ticketing yang diterapkan PT ASDP Indonesia Ferry untuk pengguna jasa angkutan pelayaran menuai kritik. Tak hanya dari masyarakat saja, Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap), juga buka suara.

Aplikasi Ferizy yang diluncurkan sejak tahun 2022 ini dinilai masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya akses masuk ke aplikasi yang dianggap cukup menyulitkan pengguna jasa. Tak sedikit pengguna jasa yang akhirnya memilih membeli tiket on the spot di sekitar pelabuhan.

Salah seorang pengguna jasa penyeberangan di pelabuhan Ketapang, Ahmad Taufik mengaku lebih suka dengan sistem pembelian tiket yang lama, yakni membeli tiket di loket ASDP.

Baca Juga: Pelaku Judi Online Asal Lumajang Terjaring Razia Penyakit Masyarakat Polsek Gambiran

“Lebih enak beli tiket langsung di loket (ASDP), langsung bayar di loket,” ujarnya, Senin (23/5/2022) kemarin.

Pria asal Jember ini juga mengaku akhirnya membeli tiket di konter yang ada di dekat Pelabuhan Ketapang. "Lebih enak yang beli tiket langsung, kan tidak lama,” ujar pria yang hendak menyeberang ke Bali ini.

Sementara itu, Ketua DPD Gapasdap Provinsi Jawa Timur, Sunaryo, menyatakan bahwa aplikasi Ferizy ini dibuat dengan tujuan supaya pembelian tiket lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat. Namun menurutnya, saat ini banyak pemakai jasa mengeluh pada Gapasdap terkait penggunaan aplikasi Ferizy.

 “Pertama, orang untuk membuka aplikasi Ferizy dengan HP itu agak susah. Orang lebih cenderung untuk membeli tiket di konter-konter yang berada di sepanjang jalan,” jelasnya.

Baca Juga: Padukan Nuansa Budaya dan Teknologi, Kementerian PUPR Tata Kawasan Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi Jatim

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X