• Senin, 4 Juli 2022

Antisipasi Wabah PMK, DPRD Banyuwangi Gelar Rakor Bersama SKPD, Perketat Lalu Lintas Hewan Ternak

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:39 WIB
DPRD Banyuwangi gelar rakor antisipasi wabah PMK hewan ternak (Hariyadi)
DPRD Banyuwangi gelar rakor antisipasi wabah PMK hewan ternak (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas komisi dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka pengawasan,pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak jelang Idul Adha.

Rapat koordinasi dipimpin Wakil Ketua DPRD, Muhammad Ali Mahrus diikuti pimpinan komisi dengan mengundanghadirkan Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas PU Cipta Karya,Perumahan dan Pemukiman serta Dinas PU Pengairan, Jum’at (20/05/2022) bertempat di ruang khusus DPRD Banyuwangi.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi M Ali Mahrus menyampaikan, dalam rakor pihaknya mempertanyakan upaya eksekutif mencegah dan mengatisipasi penyebaran wabah PMK sekaligus meminta adanya pengawasan ketat lalu lintas hewan dan penyemprotan disenfektan kadang hewan ternak.

Baca Juga: Tim Perancangan Undang-Undang DPR RI Gali Tata Kelola Data ke Banyuwangi

“ Dalam rakor tadi,kita memberikan kesempatan SKPD untuk menjelaskan, bagaimana antisipasi terhadap wabah PMK yang akhir-akhir ini melanda beberapa wilayah di Jawa Timur, “ ucap Mahrus saat dikonfirmasi awak media.

"Termasuk antisipasi ternak yang masuk di wilayah Banyuwangi dari Bali. Karena kebanyakan masyarakat Banyuwangi pada saat hari raya kurban, tidak sedikit yang mencari sapi Bali. Itu juga perlu diantisipasi," pintanya.

Mahrus mengatakan, dari hasil rapat Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi menyampaikan jika sudah melakukan upaya preventif. Seperti sosialisasi gejala PMK hewan dan larangan agar tidak mendatangkan ternak dari luar daerah.

"Teman-teman juga menyarankan agar melakukan penyemprotan desinfektan di semua kandang yang ada di Banyuwangi, dalam rangka pencegahan," ucap dia.

Baca Juga: Sukses Percepat Layanan Lewat Digitalisasi, Pengelolaan Arsip BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan ANRI

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X