• Senin, 4 Juli 2022

Cegah Hepatitis, Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi Himbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih

- Selasa, 17 Mei 2022 | 08:14 WIB
Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi,Irianti himbau masyarakat terapkan pola hidup bersih dan sehat cegah penyakit Hepatitis Akut (Hariyadi)
Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi,Irianti himbau masyarakat terapkan pola hidup bersih dan sehat cegah penyakit Hepatitis Akut (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi, Irianto mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) sebagai upaya pencegahan hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya atau hingga kini penyebabnya masih menjadi misteri.

“ Meskipun di Banyuwangi belum ada laporan terkait kasus penyakit Hepatitis ini, Saya menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti Surat Edaran yang telah disampaikan oleh Pemerintah daerah , “ ucap Irianto saat dikonfirmasi, Rabu (17/05/2022).

Pihaknya juga minta jajaran Dinas Kesehatan untuk terus menyosialisasikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mengkonsumsi makanan bergizi kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai upaya pencegahan penyakit tersebut.

Baca Juga: Menteri BUMN, Erick Thohir Siap Jadikan Kabupaten Banyuwangi Contoh Transformasi ke Berbagi Daerah

Upaya pencegahan lebih baik,sedangkan anak-anak diimbau tetap membiasakan diri mencuci tangan,tidak bergantian alat makan dengan orang lain dan menghindari kontak dengan orang sakit.

“ Dinas kesehatan harus segera menyosialisasikan kepada orang tua tentang penyakit ini. Kemudian langkah pencegahan dari memperhatikan aspek kebersihan juga perlu disampaikan, serta gejala yang timbul akibat penyakit hepatitis akut tersebut, “ ungkap Irianto.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan, Amir Hidayat dalam keterangan persnya menyampaikan, Pemkab Banyuwangi telah melakukan upaya kesiapsiagaan menyikapi ditemukannya kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologi alias penyebabnya di tanah air.

Seluruh rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan telah disiapkan apabila ditemukan kasus hepatitis ‘’misterius’’ tersebut.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Ajak Kolaborasi Mahasiswa di Bidang Ekonomi dan Energi Terbarukan

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X