• Minggu, 22 Mei 2022

BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas di Pertengahan Bulan Mei 2022 dengan Menjaga Stamina Tubuh

- Rabu, 11 Mei 2022 | 08:27 WIB
Ilustrasi cuaca panas di siang hari/Depok-Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi cuaca panas di siang hari/Depok-Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar mewaspadai kondisi cuaca terik atau suhu panas pada siang hari di pertengahan bulan Mei 2022.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan. terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari saat cuaca panas, “ ucap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis seperti dlansir Kabar Rakyat dari BMKG, Rabu,11 Mei 2022.

Guswanto menjelaskan, fenomena panas terik yang terjadi beberapa hari terakhir dipicu beberapa hal. Posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Baca Juga: Karyawan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Menunggu Dana BLT Subsidi Upah 2022 Cair, Simak Link Berikut

“ Posisi semu matahari yang sudah berada di wilayah utara ekuator dan menyebabkan pertumbuhan awan hujan sangat berkurang, serta dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah, Sehingga, penerimaan sinar matahari ke permukaan Bumi terjadi optimal yang membuat masyarakat merasakan suhu cukup terik pada siang hari, “ jelasnya.

Guswanto memastikan suhu panas di Indonesia bukan fenomena gelombang panas. Fenomena gelombang panas biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah.***

 

 

Editor: Hariyadi

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X