• Kamis, 7 Juli 2022

Pandemi Covid-19 Melandai, Permintaan Pekerja Migran Indonesia Asal Banyuwangi Mengalami Peningkatan

- Selasa, 10 Mei 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyebutkan permintaan terhadap pekerja migran indonesia (PMI) dari negara mitra berangsur membaik dan meningkat seiring melandainya  pandemi Covid-19.

Dari data BP2MI, tercatat di awal bulan Mei 2022 ini total mencapai 1000 lebih PMI asal Banyuwangi yang berangkat menuju negara penempatan. Tren keberangkatan mengalami kenaikan yang cukup signifikan pasca lebaran Idul Fitri.

Dibanding tahun 2021 di bulan yang sama, di Banyuwangi lebih kurang 900 PMI yang berangkat menuju negara penempatan.

Baca Juga: Keluarga Besar Ponpes Tebuireng Jombang Berduka, Hj.Lily Chodijah Wahid Meninggal Dunia

"Di tahun 2021 hingga akhir Mei total ada 900 sedangkan saat ini baru menginjak awal bulan Mei sudah mencapai 1.060. Saat ini menunjukkan tren peningkatan," ucap Kepala BP2MI Banyuwangi Muhammad Iqbal, Senin (9/5/2022).

Menurut Iqbal, saat ini berbagai negara penempatan sudah mulai terbuka dalam menerima pekerja asing, yang terbaru adalah Malaysia, pasca lebaran ini yang membuka akses.

"Negara tujuan yang paling diminati adalah Taiwan, Singapura dan Malaysia. Terbaru Malaysia sudah menerima kembali," ujarnya.

Baca Juga: Harga Tiket Film KKN di Desa Penari Lengkap dengan Jam Tayangnya di NSC Banyuwangi

Kendati saat ini banyak kelonggaran aturan,  namun Iqbal menyebut kondisi ini belum bisa dikatakan normal. Ancaman varian baru Covid-19 masih menjadi momok yang diwaspadai oleh masyarakat Global.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X