• Senin, 4 Juli 2022

Cerita Mahluk Astral di TWA Kawah Ijen, Penunggu Batas Banyuwangi Bondowoso: Ada Nenek Penolong-Setan Penyesat

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:26 WIB
Kawah Ijen/Banyuwangi.go.id
Kawah Ijen/Banyuwangi.go.id

KABAR RAKYAT - Cerita keberadaan mahluk astral penunggu gunung api. Terlintas kembali pasca peristiwa seorang pemuda Bondowoso hilang dan ditemukan sehari kemudian di lereng gunung 90 meter dari permukaan gunung api, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, terletak di perbatasan Banyuwangi Bondowoso.

Sebelumnya, cerita peristiwa penemuan tengkorak manusia jenis kelamin perempuan di TWA Kawah Ijen juga pernah diungkap survivor Gunung Api Ijen. Meski tengkorak berhasil dievakuasi, hingga kini tengkorak perempuan masih Mr X alias tidak diketahui identitasnya.

Beberapa tahun lalu, cerita peristiwa alam ada ledakan berasal dari danau TWA Kawah Ijen juga terjadi dan membuat heboh. Apalagi, ledakan itu membuat satu orang tewas diduga seorang penambang belerang. 

Baca Juga: Cerita Pemuda Bondowoso Hilang di Kawah Ijen, Ditemukan Dalam Jurang 90 Meter, Menjerit Histeris

Perlu diketahui, destinasi Jawa Timur, TWA Kawah Ijen berada diketinggi 2443 mdpl, lokasi di perbatasan dua kabupaten Banyuwangi dengan Bondowoso.

Penulis artikel ini, sejak masih SMA lulusan 91, meski baru tujuh kali pernah datang ke Kawah Ijen atau Gunung Api Ijen yang dikenal aktif namun terlihat merasakan betap sakralnya destinasi alam itu. Gunung api Ijen bukan lagi dimiliki oleh warga Banyuwangi Bondowoso saja. Namun, telah dimiliki Indonesia dan dunia.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Respon Peternakan Sapi di Empat Kabupaten Terkena Wabah PMK

Isu penghuni mahluk astral Kawah Ijen, ada seorang nenek penolong dan setan penyesat sebagian orang meyakini ada. Apapun mahluk itu, sama seperti manusia juga ciptaan dari Tuhan YME juga.

Menurut banyak sumber, ada baiknya siapapun yang datang berkunjung ditempat wisata alam melakukan upaya diri dengan cara menjaga sikap sopan dan santun, dan terpenting berdoa pada Tuhan YME agar diberikan keselamatan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X