• Kamis, 7 Juli 2022

Presiden Joko Widodo Tanda Tangani Keppres BPIH 2022, Berikut Biaya Haji Masing- Masing Embarkasi

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:41 WIB
Presiden Joko Widodo tanda tangani Keppres BPIH,berikut daftar biaya haji masing-masing embarkasi/Pikiran Rakyat
Presiden Joko Widodo tanda tangani Keppres BPIH,berikut daftar biaya haji masing-masing embarkasi/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No.5 Tahun 2022 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi yang Bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Nilai Manfaat, dan Dana Efisiensi sudah terbit.

Keppres BPIH diterbitkan setelah Kementerian Agama dan DPR RI menyepakati besaran biaya haji tahun ini pada 13 April 2022.

Keppres ini mengatur Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), untuk jemaah haji reguler, serta Petugas Haji Daerah (PHD) dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Baca Juga: Alasan Pemerintah Larang Ekspor CPO Hingga Mendag Terbitkan Permendag 22/2022 

Setelah Keppres BPIH terbit, maka tahapan selanjutnya adalah konfirmasi keberangkatan oleh jemaah haji lunas tunda yang berhak berangkat tahun ini. Termasuk juga, pelunasan Bipih bagi jemaah haji lunas tunda yang menarik kembali biaya pelunasannya dan berhak berangkat tahun ini. 

“Baik konfirmasi keberangkatan maupun pelunasan masih menunggu terbitnya Keputusan Menteri Agama atau KMA. Kami berharap tahap ini bisa dimulai pada 9 Mei 2022,” tegas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, di Jakarta, Jumat (29/4) seperti dikutip Kabar Rakyat dari kemenag.go.id,Sabtu 30 April 2022. 

“Untuk konfirmasi kesiapan keberangkatan atau pelunasan, jemaah bisa datang ke Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih,” lanjutnya. 

Hilman memastikan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak melakukan konfirmasi keberangkatan atau melakukan pelunasan BPIH Reguler 1443 H/2022 M. Jemaah haji yang meninggal sebelum keberangkatan, bisa dilimpahkan porsinya kepada keluarga sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga: Waspadai Cluster Baru Lebaran, Kapolri Cek Kesiapan Petugas Gerai Vaksin Boster di Pos Jalur Mudik

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X