• Kamis, 7 Juli 2022

Jangan Lupa, Libur Lebaran, Ada Beragam Atraksi Wisata dan Seni-Budaya di Banyuwangi

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:13 WIB
Ritual tolak bala Barong Ider Bumi digelar setiap hari kedua lebaran di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi (Hariyadi)
Ritual tolak bala Barong Ider Bumi digelar setiap hari kedua lebaran di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta para pelaku wisata bersiap menyambut libur Lebaran tahun ini. Berbagai atraksi wisata dan pergelaran seni-budaya disiapkan Banyuwangi di destinasi-destinasi wisata.

Seperti Barong Ider Bumi, sebuah tradisi ritual tolak bala oleh Suku Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Barong Ider Bumi digelar tiap hari kedua lebaran.

Tarian Seblang Olehsari yang juga ritual setiap bulan Syawal juga akan digelar. Tarian Seblang akan digelar di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah. Tradisi Seblang yang digelar setiap awal bulan Syawal, biasanya dimulai sejak 3 Syawal, dipercaya ‎bisa menghilangkan mara bahaya dan pagebluk.

Baca Juga: Pemuda Peduli Yatim Piatu Bersama Sedulur Sonny Bagi-Bagi Sembako di Masyarakat Lingkungan Klatak

Selain itu juga ada Puter Kayun, yang merupakan tradisi warga Boyolangu, Kecamatan Giri, saat memasuki hari ke sepuluh, Bulan Syawal.

Puter kayun adalah ritual menepati janji warga Boyolangu kepada para leluhur yang telah berjasa membuka jalan di kawasan utara Banyuwangi. Mereka melakukan napak tilas dengan menaiki delman hias dari Boyolangu menuju Watu Dodol. Tidak hanya itu, berbagai hotel di Banyuwangi juga menyiapkan atraksi wisata di tempat mereka.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaakan bahwa pemerintah telah mengijinkan masyarakat melakukan mudik, setelah dua tahun beruntun dilakukan pelarangan akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Diprediksi bakal terjadi peningkatan kunjungan wisatawan pada masa lebaran tahun ini.

"Ini momentum untuk kebangkitan ekonomi Banyuwangi. Harus kita persiapkan dengan baik. Pemkab bersama para pelaku wisata menyiapkan diri untuk menyambut wisatawan," ujar Ipuk seperti dikutip Kabar Rakyat dari banyuwangikab.go.id,Sabtu 30 April 2022.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi dan Ikawangi Dewata Fasilitasi Ratusan Warga Mudik Gratis

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X