• Senin, 5 Desember 2022

Jelang Lebaran, Dinas Pertanian dan pangan Banyuwangi Sidak Kesehatan Daging Konsumsi

- Rabu, 27 April 2022 | 12:30 WIB
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi saat melakukan pengawasan daging sapi dan ayam layak kkonsumsi di pasar/banyuwangikab.go.id
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi saat melakukan pengawasan daging sapi dan ayam layak kkonsumsi di pasar/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi melakukan pengawasan daging sapi dan ayam  menjelang lebaran 2022. Mereka melakukan sidak di beberapa pasar dan melakukan pengawasan di rumah pemotongan hewan.

Dinas Pertanian dan Pangan membagi beberapa tim untuk disebar ke seluruh Banyuwangi, Selasa (26/4/2022).

"Kegiatan ini mengantisipasi beredarnya daging campuran dan daging gelonggong," kata M. Khoiri, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi.

Baca Juga: Untuk Kenyamanan Para Pemudik, Banyuwangi Kerahkan Relawan Penjaga Perlintasan Kereta Api Tak Berpalang Pintu

Sidak dilakukan di seluruh pasar daging dan pasar tradisional secara serempak. Salah satunya di Pasar Blambangan, yang dikenal menjadi salah satu sentra penjualan daging sapi dan ayam. Targetnya, daging yang ditawarkan ke konsumen.

"Alhamdulillah, hasilnya tak ditemukan daging yang mencurigakan. InsyaAllah seluruhnya dipastikan layak konsumsi," ujar Khoiri.

Dia menambahkan, mendekati Lebaran, pasokan daging di Banyuwangi naik tajam. Kini, permintaan daging sapi tembus hingga 41 ton per hari. Dari jumlah ini, pasokan daging yang tersedia mencapai 42 ton. Para pedagang sengaja mendatangkan sapi Bali, untuk memenuhi stok daging di Banyuwangi.

“Jadi, pasokan daging masih aman. Bahkan pemotong hewan mendatangkan ternak dari Bali, hampir 60 persen,” jelasnya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Banyuwangi Tetap Melayani Masyarakat Meski Cuti Nasional Hari Idul Fitri 1443 H

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X