• Senin, 3 Oktober 2022

Desa-Desa di Banyuwangi Dominasi Sepuluh Besar Desa Mandiri Indonesia

- Senin, 25 April 2022 | 06:40 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani 9dua dari kanan) saat berada di salah satu Desa Mandiri/banyuwangikab.go.id
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani 9dua dari kanan) saat berada di salah satu Desa Mandiri/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Desa-desa di Banyuwangi terus menorehkan prestasi. Selain menjadi peringkat pertama Desa Mandiri, desa-desa di Banyuwangi juga mendominasi 10 besar Desa Mandiri dalam Indeks Desa Membangun (IDM) Indonesia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

Desa mandiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakatnya, dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi (lingkungan) secara berkelanjutan.

"Selamat kepada desa-desa di Banyuwangi. Selamat para kepala desa, BPD, dan seluruh warga. Kita terus tingkatkan sinergi untuk kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat desa,"kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Berita Terkini Mudik Lebaran 2022, Pemprov Jatim Siapkan Langkah Strategis Hadapi Macet dan Bencana

Dalam IDM terdapat lima klasifikasi. Tertinggi adalah Mandiri, selanjutnya Maju, Berkembang, Tertinggal, dan Sangat Tertinggal.

Dalam IDM 2022 yang dirilis Kemendes PDTT, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi  menjadi peringkat pertama desa Mandiri di Indonesia dengan skor 0.9981. Ini merupakan skor tertinggi IDM Desa Mandiri Nasional tahun ini.

Selain itu terdapat lima desa lainnya di Banyuwangi yang masuk 10 besar Desa Mandiri yakni, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng (0.9905); Genteng Desa Setail, Kecamatan Genteng(0.9886); Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsri (0.9870); Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng (0.9868); dan Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng (0.9867).

Hasil ini sangat mengembirakan mengingat Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah desa terbanyak di Indonesia, yakni 189 desa.

Baca Juga: Lonjakan Mudik 2022 di Jawa Timur Diprediksi Terjadi H-15 Lebaran

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X