• Selasa, 6 Desember 2022

Berita Terkini Mudik Lebaran 2022, Pemprov Jatim Siapkan Langkah Strategis Hadapi Macet dan Bencana

- Senin, 25 April 2022 | 03:04 WIB
Kegiatan Rakor Angkutan Mudik Lebaran 2022 di Kota Batu. (Humas Prov Jawa Timur)
Kegiatan Rakor Angkutan Mudik Lebaran 2022 di Kota Batu. (Humas Prov Jawa Timur)

KABAR RAKYAT - Antisipasi lonjakan arus mudik lebaran 2022 dan kebencanaan terjadi di wilayah Jawa Timur. Pemerintah Provinsi  Jawa Timur menggelar Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022, bertempat di Kota Batu, baru ini.

Rakor dalam menghadapi arus mudik lebaran itu, langsung dipimpin Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmad II. Diikuti seluruh stakeholder pemerintah daerah di Jawa Timur. Dengan harapan mudik lebaran berjalan aman, sehat dan lancar.

Pasalnya, pemerintah memprediksi sebanyak 16,8 juta penduduk akan mudik dan melakukan mobilitas di kawasan Jawa Timur selama masa mudik lebaran tahun ini.

Baca Juga: Didorong Maju Presiden 2024, AHY Ungkap Figur Pemimpin Indonesia yang Layak Mendatang, Seperti Ini

Rakor ini penting guna mendetailkan kesiapan stakeholder mengantisipasi terjadinya berbagai permasalahan saat kepadatan arus mudik maupun arus balik Lebaran di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Mulai dari cuaca buruk dan bencana alam, kemacetan di ruas arteri atau exit tol, lonjakan penumpang seluruh moda, lonjakan kunjungan wisata, kesiapan moda angkutan (laik jalan), kerusakan jalan dan jembatan, termasuk lonjakan kasus Covid-19 pasca liburan.

“Ini yang harus kita detailkan langkah-langkah mitigatif - preventif. Karena pada mudik lebaran kali ini diperkirakan akan mengalami lonjakan signifikan jumlah pemudik,” kata Gubernur Khofifah.

Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub pada angkutan Lebaran 2022, Potensi pergerakan nasional dalam masa musik lebaran mencapai 85,5 juta orang yang terbagi melalui berbagai moda transportasi. Rincinya yang menggunakan Mobil Pribadi 26,8% atau 22,9 juta orang, Bus 16,5% atau 16,9 juta orang, Pesawat 16,5% atau 14,1 juta orang, dan Kereta Api 10,4% atau 8,9 jt orang.

Baca Juga: Ketua Demokrat Banyuwangi Dorong AHY Maju Presiden di Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X