• Kamis, 7 Juli 2022

Agar Tepat Sasaran, Pemerintah Akan Catat Plat Nomor Kendaraan Saat Mengisi BBM Bersubsidi

- Sabtu, 23 April 2022 | 13:03 WIB
Kementerian ESDM dan Pertamina akan gunakan sistem penguna tunggal saat konsumen membeli BBM bersubsidi di Stasiun pengisian BBM/Pikiran Rakyat
Kementerian ESDM dan Pertamina akan gunakan sistem penguna tunggal saat konsumen membeli BBM bersubsidi di Stasiun pengisian BBM/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Pemerintah melalui Kementerian ESDM dan PT Pertamina akan menerapkan system pengguna tunggal (single user) bagi konsumen yang akan membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan mencatat nomor kendaraan saat mengisi BBM.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan distribusi BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar tepat sasaran serta menghidari adanya penyelewengan.

"Sekarang kami udah mulai sistem pengawasan dengan menyorot sistem plat untuk bisa direcord. Nanti bakal ketahuan kendaraan yang bolak-balik mengisi BBM," ucak Menteri ESDM,Arifin Tasri dalam keterangannya seperti dikutip Kabar Rakyat dari esdm.go.id, Sabtu 23 April 2022.

Baca Juga: 144.392 Personil TNI Polri di Jawa Timur, Amankan Ibadah Puasa dan Mudik Lebaran 2022

Pemerintah juga akan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital sebagai bagian dari pengawasan pendistribusian seperti CCTV dan digitalisasi. "Jadi kita tau barang (BBM) yang dikirim dan barang yang dibeli. Semuanya tercatat," tegas Arifin.

 Berdasarkan catatan dari hasil penyelewangan BBM dalam sistem digitalisasi tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan melaporkan ke penegak hukum.

"Kemarin sudah banyak ditindak oleh kepolisian dalam kasus penimbunan dan layout tangki dari 200 liter menjadi 400 liter. Bisa juga bocor di SPBU. Makanya kita coba tangani," jelas Arifin.

Sementara untuk kebutuhan beberapa jenis BBM sendiri, seperti Pertalite dan Solar diperkirakan akan mengalami peningkatan mendekati puncak libur Hari Raya Idulfitri dibanding konsumsi rata-rata harian. "Akan ada peningkatan sekitar 12-14%," jelas Arifin.

Baca Juga: Kemendag Perbarui Kategorisasi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta: Ikut Trend Dunia

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Esdm.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X