• Jumat, 19 Agustus 2022

Kementerian Umum Haji dan Umrah Arab Saudi Tambah Kapasitas Haji Tahun 2022 Menjadi 1 Juta Jemaah

- Sabtu, 9 April 2022 | 13:15 WIB
Pemerintah Arab Saudi tambah kapasitas jemaah haji tahun 2022/Pikiran Rakyat
Pemerintah Arab Saudi tambah kapasitas jemaah haji tahun 2022/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan dan memutuskan untuk meningkatkan kapasitas haji tahun ini menjadi 1 juta jemaah haji dari Arab Saudi dan luar negeri.

Masing-masing negara dapat mengirim Jemaah Haji sesuai dengan kuota yang diberikan, dan sejalan dengan rekomendasi kepatuhannterhadap protocol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Dilansir Kabar Rakyat dari Saudi Press Agency, Sabtu,09 April 2022. Kementerian Umum Haji dan Umroh Saudi Arabia menyamaikan keputusan ini didasarkan pada keprihatinan mendalam yang diberikan oleh pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci terhadap keselamatan peziarah, dan kesejahteraan mereka yang mengunjungi Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi.

Baca Juga: Kemenhub Simulasikan Mudik Lebaran 2022, Pakailah Kendaraan yang Aman dan Nyaman

“ Keputusan itu juga berasal dari minat besar Arab Saudi dalam menjaga kesinambungan haji tanpa gangguan, di samping memungkinkan jumlah terbesar umat Islam di seluruh dunia untuk memenuhi tugas haji dan umrah mereka dan mengunjungi masjid nabi dengan kedamaian spiritual, “ ungkapnya dalam keterangannya yang disampaikan kepada  Saudi Press Agency.

Arab Saudi juga bertujuan untuk menjaga tonggak yang dicapainya di sektor perawatan kesehatan saat bergulat dengan pandemi COVID-19.

Kementerian mengklarifikasi bahwa peraturan berikut akan berlaku untuk haji 2022:

  1. Jemaah haji harus berusia kurang dari 65 tahun, dan wajib melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap dengan dosis dasar vaksin COVID-19 yang disetujui menurut Kementerian Kesehatan Saudi
  2. Peserta haji dari luar negeri wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif COVID-19, menggunakan sampel yang diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Baca Juga: 'Tak Ada Penyekatan' Berikut Keterangan Kemenhub Soal Gerai Vaksin di Transportasi Mudik Lebaran 2022

Kementerian Haji dan Umrah telah menekankan bahwa jemaah harus mematuhi langkah-langkah pencegahan, dan harus mengikuti instruksi pencegahan saat melakukan tugas haji mereka, untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan mereka.***

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Saudi Press Agency

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X