• Minggu, 27 November 2022

Bupati Bondowoso Gelar Press Conference, Menang dari Gugatan Warga Banyuwangi Tentang Kawah Ijen

- Sabtu, 9 April 2022 | 11:19 WIB
Bupati Bondowoso Salwa Arifin (berkopiah) saat jumpa pers (Nur Alifah Bahsa)
Bupati Bondowoso Salwa Arifin (berkopiah) saat jumpa pers (Nur Alifah Bahsa)

KABAR RAKYAT - Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin menggelar jumpa pers yang bertempat di Cafe Pendopo Bupati, Jumat (8/4/2022).

Bupati Salwa menyatakan, gugatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terkait hasil sidang sengketa tapal batas tidak diterima.

Gugatan itu berjenis gugatan warga negara (Citizen Law Suit), sehingga penggugat mengatasnamakan warga masyarakat Banyuwangi dengan nomor perkara 196/PTD.G/2021/PN.BWI ke Pengadilan Negeri Banyuwangi.

Sementara materi gugatan fokus pada penandatanganan berita acara, Nomor 35/BAD/II/VI/2021 Tanggal 2 Juni 2021 tentang batas wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: HEBOH, Pasutri Surabaya Kuasai Ilmu Gendam Gunakan Tindak Pencurian: Korban Warga Tiga Kecamatan di Banyuwangi

Yang digugat berupa sub segmen Kawah Ijen dan gugatan kepada Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso juga ikut tergugat untuk melakukan upaya hukum tentang pembatalan penandatangan berita acara.

“Alhamdulillah, gugatan Pemkab Banyuwangi terhadap sengketa tapal batas wilayah tidak diterima” kata Bupati Salwa saat Press Conference, Jumat (8/4/2022).

Bupati Salwa juga menyampaikan, berita acara itu sifatnya bukan merupakan berita acara penyerahan sepertiga Kawah Ijen kepada Kabupaten Bondowoso. Namun berita acara yang dimaksud adalah berita acara penarikan garis batas daerah antara Dua kabupaten tersebut.

“Berita acara itu telah sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 141 Tahun 2017 tentang penegasan batas daerah dan kesepakatan tersebut telah memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif sebagaimana ketentuan dalam 1320 KUHPerdata” sambungnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X