• Sabtu, 1 Oktober 2022

Hadir Perayaan Dharma Santi Tahun Saka 1944, Khofifah: Terus Jaga Alam dan Kelestarian

- Selasa, 5 April 2022 | 03:37 WIB
Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, bertempat di Komplek Pura Segara, Kenjeran (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)
Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, bertempat di Komplek Pura Segara, Kenjeran (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Gubernur Jawa Timur hadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, bertempat di Komplek Pura Segara, Kenjeran, Minggu (3/4/2022) malam.

Perayaan Dharma Santi, merupakan rangkaian terakhir Hari Raya Nyepi. Pesan dari Gubernur Khofifah, agar seluruh umat manusia menjaga alam dan kelestarian.

"Dalam Dharma Santi, Hari Raya Nyepi ada proses yang patut dijadikan refleksi bersama, yaitu berdialog dengan alam. Bahwa alam butuh istirahat dan alam perlu melakukan recovery untuk menjaga daya dukun alam dan lingkungan," ujar Gubernur Khofifah.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Layanan Samsat Kampus di Jatim: Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dekat dan Mudah

Terutama, kondisi perubahan iklim menjadi pekerjaan rumah bersama, bahkan secara global untuk bersama-sama diatasi.

Rangkaian Hari Raya Nyepi ada proses menyepi yang manfaatnya sarat untuk memberikan ruang atau kesempatan dan jeda agar alam melakukan recovery.

Meski malam ini rangkaiannya sudah ditutup dengan dharma santi ini, tapi Khofifah berpesar agar proses untuk membangun dialog dengan alam harus terus dilakukan dan tidak menunggu rangkaian hari Nyepi.

Disampaikan Khofifah, tanggal 30 Maret kemarin, diperingati hari air sedunia. Sebelumnya juga diperingati hari menanam. Menurutnya, manusia harus berpikir, bagaimana perubahan iklim ternyata menjadi pekerjaan rumah yang tidak sederhana di seluruh dunia.

Baca Juga: Wilayah Indonesia Masuk Musim Pancaroba, April 2022: Waspada Cuaca Ekstrem

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X