• Senin, 4 Juli 2022

Tidur Setelah Makan Sahur Dampaknya Tidak Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Berikut Penjelasannya

- Senin, 4 April 2022 | 16:58 WIB
Ilustrasi tidur setelah makan sahur/Pikiran Rakyat
Ilustrasi tidur setelah makan sahur/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Tidur adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat berpuasa dan sebenarnya termasuk ibadah. Sayangnya, ada waktu tidur yang malah sangat tidak disarankan, yaitu tidur setelah sahur. Efek tidur setelah sahur adalah masalah kesehatan yang mungkin mengintai diam-diam. Kebiasaan tidur setelah makan sahur bisa memberikan dampak bahaya bagi Kesehatan tubuh.

Kenapa tidak boleh tidur setelah sahur?

Dilansir Kabar Rakyat dari laman sehatq.com, Senin 04 April 2022. Berikut penjelasan dampaknya jika tidur setelah makan sahur.

Setelah makanan sahur masuk ke perut, lambung akan mencernanya menjadi sari-sari makanan yang kemudian diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Sistem pencernaan perlu setidaknya 2 jam untuk mengolah makanan sampai menjadi sari makanan. Proses pencernaan ini membutuhkan suplai darah yang tidak sedikit. Itu sebabnya, sebenarnya kita tidak dianjurkan untuk beraktivitas berat, seperti olahraga setelah makan.

Namun ini bukan alasan untuk Anda boleh langsung tidur. Selama Anda tidur, hampir seluruh fungsi tubuh berhenti bekerja sementara kecuali jantung, otak, dan paru-paru.

Jadi, tidur setelah makan sahur tidak akan memberikan cukup waktu untuk system pencernaan bekerja memecah makanan. Akhirnya, makanan tersebut jadi tertimbun sia-sia dalam perut. Makanan yang tidak tercerna dengan baik saat tidur, nantinya bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti berikut ini.

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Leo, Virgo, Libra, dan Sagitarius Besok Selasa 5 April 2022

Lemak tubuh menimbun

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Sehatq.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X