• Senin, 4 Juli 2022

Menuju Universal Health Coverage, Pemkab Bondowoso Siap Optimalisasikan Inpres 01 Tahun 2022

- Sabtu, 2 April 2022 | 05:50 WIB
Kacab BPJS Kesehatan Banyuwangi bersama pejabat Kabupaten Bondowoso (Ist/KabarRakyat)
Kacab BPJS Kesehatan Banyuwangi bersama pejabat Kabupaten Bondowoso (Ist/KabarRakyat)

KABAR RAKYAT – Universal Health Coverage (UHC) adalah tujuan seluruh daerah agar warga masyarakatnya bisa terjamin kesehatannya.

Untuk mencapai itu semua tentunya diperlukan peran penting dari semua pihak dan kerja sama yang baik. Salah satu daerah yang tidak lama lagi akan mencapai UHC adalah Kabupaten Bondowoso.

Bersamaan dengan terbitnya Intruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Program JKN, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mahfud Junaidi mengatakan bahwa ini adalah momen yang tepat untuk bisa mengejar UHC dan harus segera dioptimalkan.

“Ini adalah momentum buat kita untuk bisa mengejar UHC. Kami akan upayakan dan komunikasikan ke semua pihak terkait,” ujar Mahfud saat mengikuti pertemuan forum komunikasi pemangku kepentingan di ruang rapat bupati, kemarin, Rabu, 30 April 2022.

Baca Juga: Kawan Lama, ATARU Resmi Hadir di Galaxy Mall 1 Surabaya

Saat ini, jumlah penduduk Kabupaten Bondowoso tercatat sejumlah 802.102 jiwa dan yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN sejumlah 748.664 jiwa atau sebesar 93,34 persen. Sehingga untuk mencapai UHC diperlukan 1,66 persen atau 13.333 jiwa lagi.

“Pastinya UHC harus kita wujudkan. Sesuai data, kami itu tinggal 1,66 persen lagi untuk bisa mencapainya dan kami yakin kami pasti bisa mengajar itu,” terang Mahfud.

Di waktu yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso menjelaskan terkait Inpres 01 Tahun 2022. Ia berharap agar pemerintah daerah bisa berkolaborasi untuk penerapan Inpres tersebut sehingga UHC bisa dicapai dengan segera.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bondowoso yang sudah bekerja sama dalam menjalankan program JKN ini. UHC sudah di depan mata dan kita sama-sama raih dengan berkolaborasi,” ucap Wahyu.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X