• Minggu, 27 November 2022

Wakil Bupati dan Dandim 0822 Bondowoso Resmikan Kampung Pancasila

- Rabu, 23 Maret 2022 | 19:36 WIB
Wabup Irwan Bachtiar bersama Dandim 0822 Bondowoso saat dikonfirmasi media usai meresmikan Kampung Pancasila (Nur Alifah Bahsa)
Wabup Irwan Bachtiar bersama Dandim 0822 Bondowoso saat dikonfirmasi media usai meresmikan Kampung Pancasila (Nur Alifah Bahsa)

KABAR RAKYAT - Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat bersama Komandan Kodim 0822/ Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, bersama sejumlah pihak terkait lainnya, secara langsung meresmikan Kampung Pancasila di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Rabu (23/3/2022).

Masyarakat sekitar kampung tersebut diharapkan dapat menjalankan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila secara keseluruhan. Khususnya gotong royong dan toleransi harus tetap dilakukan di lingkungan setempat.

Wagimin, Salah seorang warga sekitar menyampaikan, keinginan untuk mendirikan Kampung Pancasila sendiri, karena adanya anak muda yang masih belum hafal terhadap pancasila.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Bersama Ketua PA GMNI Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GMNI

"Saya sering lihat di TV ketika operasi yustisi itu. Ketika disuruh baca Pancasila banyak yang gak hafal," katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menjelaskan, sebenarnya di seluruh Indonesia harus membentuk Kampung Pancasila. Dengan maksud membumikan Pancasila kepada semua lapisan masyarakat. Serta toleransi di masyarakat harus bercermin pada nilai pancasila.

"Merajut keberagaman dan sebagainya, itu intinya," tegasnya.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Irwan ini juga menuturkan Kampung Pancasila yang baru dibentuk ini, akan menjadi role model bagi terbentuknya Kampung Pancasila lain di Bondowoso. Mengingat seluruh desa dan RT di Bondowoso, menurutnya juga akan diaplikasikan hal serupa.

Baca Juga: Wisata Mangrove Bedul Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X