Bersama Gubernur Kepri, Ketum JMSI Deklarasi Perbatasan Natuna: Begini Peran Pers

- Selasa, 22 Maret 2022 | 21:12 WIB
Ketum JMSI deklarasi perbatasan Natuna (JMSI for Kabar Rakyat)
Ketum JMSI deklarasi perbatasan Natuna (JMSI for Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT - Sejumlah keputusan untuk memperkuat pondasi organisasi, Rapat Pimpinan Nasional Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang digelar di Batam, kemarin, Jumat 18 Maret 2022, hasilkan rumusan sikap yang mengaitkan peran pers nasional dalam merawat perbatasan Indonesia.

Sikap tersebut dituangkan dalam naskah Deklarasi Natuna yang dibacakan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa di Geopark Information Center (GIC) Natuna, Kepri, Selasa pagi, Selasa, 22 Maret 2022.

Ketika membacakan Deklarasi Natuna, Teguh Santosa didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan unsur pimpinan Kabupaten Natuna, serta dua fungsionaris Pengurus Pusat JMSI, Ramon Damora dan Faisal Mahrawa.

Baca Juga: BPBD Banyuwangi Salurkan Sembako Korban Banjir Bandang di Kandangan

Deklarasi diawali deskripsi Indonesia negara maritim yang berada di titik strategis percaturan dunia serta posisi Kepulauan Natuna dan Kepulauan Riau di perbatasan yang digambarkan sebagai pintu gerbang Nusantara, serta karenanya harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Teguh Santosa yang mengenakan tanjak Nakhoda Trong yang diberikan Perhimpunan Melayu Raya juga mengatakan, sejarah negeri-negeri di kepulauan ini adalah sejarah kejayaan dan masa keemasan Nusantara di masa lalu.

Dia mengajak seluruh anak bangsa mempertegas kembali itikad dan tekad untuk secara bersama-sama perjuangkan wilayah perbatasan dengan cara mengoptimalkan semua potensi yang ada, sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Baca Juga: Word Water Day 2022, Pencemaran Air Tanah Menjadi Masalah Khusus

Terkait dengan hakikat pers, Teguh Santosa mengatakan, pers adalah suluh atau penerang perjalanan umat manusia dalam membangun peradaban.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: JMSI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X