• Senin, 4 Juli 2022

Meski Belum Terburu-Buru, Kementerian Kesehatan Bocorkan Informasi Indikator Ubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

- Rabu, 16 Maret 2022 | 11:59 WIB
Ilustrasi pandemi covid-19 menjadi endemi/Bekasi-pikiran Rakyat.com
Ilustrasi pandemi covid-19 menjadi endemi/Bekasi-pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Kementerian Kesehatan memberikan bocoran informasi beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk mengubah kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia menjadi endemic.

Meskipun juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pemerintah tidak terburu-buru untuk menyatakan transisi memasuki endemic. Pasalnya proses transisi menuju normalisasi endemi itu artinya bukan berarti kasus COVID-19 tidak ada sama sekali tetapi kasus tetap akan ada.

''Untuk menghilangkan sebuah penyakit itu membutuhkan waktu yang lebih panjang, tentunya kita harus bersiap untuk terus berdampingan dengan COVID-19,'' katanya pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (15/3) seperti dilansir Kabar Rakyat dari kemenkes.go.id, Rabu 16 Maret 2022.

Baca Juga: Mempertimbangkan Situasi, Pemerintah Subsidi Minyak Goreng Curah Rp. 14 Ribu Per Liter

Menurut dr.Siti Nadia Tarmizi, saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi COVID-19,  namun dengan banyaknya tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan ke hal yang positif, Indonesia sudah mulai bersiap-siap membuat langkah menuju ke arah endemi.

Dijelaskan bahwa transisi endemi marupakan suatu proses dimana periode dari pandemi menuju ke arah endemi dengan sejumlah indikator, antara lain

 1.laju penularan harus kurang dari

 2.Angka positivity rate harus kurang dari 5%,

 3.Tingkat perawatan rumah sakit harus kurang dari 5%.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X