• Minggu, 25 September 2022

Mengancam Keselamatan, AirNav Melarang Pengoperasian Drone Saat Race MotoGP Mandalika 2022

- Kamis, 10 Maret 2022 | 16:50 WIB
AirNav sosialisasi larangan pengoperasian drone saat pelaksanaan race MotoGP Mandalikan 2022/bumn.go.id
AirNav sosialisasi larangan pengoperasian drone saat pelaksanaan race MotoGP Mandalikan 2022/bumn.go.id

KABAR RAKYAT - Sebagai Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia. AirNav akan melarang pengoperasian drone selama pelaksanaan race MotoGP Mandalika 2022.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih mengatakan, Drone yang terbang liar (tanpa izin) merupakan ancaman, yang tidak hanya mengancam keselamatan operasional penerbangan, tetapi juga keselamatan masyarakat, yang dalam hal ini, khususnya, para pembalap dan penonton dalam ajang MotoGP

“Hal ini bukan tanpa alasan, karena berdasarkan data, sebanyak 21 buah drone liar telah dilumpuhkan selama tes pramusim MotoGP 2022 pada 10 – 12 Februari 2022 lalu. Sedangkan drone yang terbang tanpa izin dapat sangat berbahaya”, ucap Polana dalam keterangan persnya, Rabu (09/03) seperti dikutip Kabar Rakyat dari bumn.go.id, Kamis 10 Maret 2022.

Baca Juga: Lewandowski Bawa Bayern Munich Lolos Perempat Final Liga Champions Berkat 3 Gol Lewandowski

Ia menambahkan bahwa AirNav juga telah melakukan sejumlah kampanye keselamatan terkait larangan pengoperasian drone tanpa izin selama event berlangsung.

AirNav tidak akan mengeluarkan surat rekomendasi pengoperasian drone  kepada pihak manapun selama penyelenggaraan event, kecuali untuk pihak penyelenggara, yaitu Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) , “ ungkap Polana.

Polana menyatakan bahwa sejumlah kampanye dan sosialisasi perlu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya pengoperasian drone liar yang mungkin belum diketahui dan disadari, termasuk oleh penggiat drone itu sendiri.

AirNav telah mengidentifikasi Hazard  penerbangan drone liar di sekitar Kuta Mandalika dan melakukan sejumlah mitigasi, di antaranya dengan bergabung dengan Tim Aerial Tactical Mabes Polri, bekerja sama dengan Kepala Daerah Kuta dan melakukan Safety Campaign bahaya drone liar kepada masyarakat dan manajemen hotel di sekitar Kuta Mandalika.

Baca Juga: Real Madrid vs PSG: Hatrick Benzema Bawa Madri Lolos 8 Besar Liga Champions 2021-2022

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Banyuwangi Buka Pendaftaran Panwascam

Rabu, 21 September 2022 | 07:43 WIB
X